82 Calon Jemaah Haji Ikuti Bimbingan Manasik Haji, Simak Penjelasan Abdul Hadi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Sebanyak 82 calon jemaah haji asal Kabupaten Balangan, terdiri dari 41 laki-laki dan 41 Perempuan mengikuti bimbingan manasik haji di Masjid Al-Akbar Balangan, Senin (30/05/2022).

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Balangan H. Abdul Hadi, yang juga turut hadir dalam kegiatan Kepala Kemenag Kabupaten Balangan H. Saribuddin, TNI-Polri, para Dokter, para medis dan serta jemaah calon haji.

Pada kesempatannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan Saribbudin melalui Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (Kasi PHU) Fahmi Wahid menyampaikan 82 orang jamaah calon haji di Balangan akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada musim haji tahun 2022.

“Jumlah jamaah yang akan berangkat tahun ini tidak sebanyak seperti tahun-tahun sebelumnya. Meski begitu, terkait keberangkatan perlu dipersiapkan dengan baik,” ujar Fahmi Wahid.

BACA JUGA :  Abdul Hadi : Musrenbang Rangkaian Visi Misi Pembangunan Daerah

Fahmi Wahid juga mengatakan, sebelum keberangkatan 82 jamaah calon haji tersebut telah mengikuti empat kali manasik haji tingkat kecamatan dan dua kali manasik haji tingkat kabupaten. Nanti juga ada pengecekan kesehatan, diberikan bekal tata cara berhaji, SOP pesawat, kesehatan, kelengkapan dokumen, barang bawaan dan sebagainya.

Sementara, Bupati Balangan dalam sambutannya menyampaikan terkait ada beberapa rangkaian yang harus dipahami dan dipatuhi selama ibadah haji serta perlu menjaga kondisi fisik.

“Jadi dengan adanya manasik haji ini semoga mereka lebih memahami kewajiban rukun sunah dan memahami apa yang haram dan serta apa yang wajib untuk dilakukan di sana selama proses rangkaian ibadah haji dan beberapa hal yang perlu diperhatikan calhaj selama menjalani ibadah haji di tanah suci, di antaranya menjaga kondisi fisik harus tetap prima,” ucap Abdul Hadi.

BACA JUGA :  Bantuan Dana Rehab Rumah Terdampak Banjir di Balangan Usai PPKM

Abdul Hadi menambahkan, prosesi ibadah haji akan memakan waktu yang cukup lama dan membutuhkan energi yang besar maka diwajibkan untuk melakukan Tes PCR (polymerase chain reaction) terlebih dahulu untuk memenuhi syarat keberangkatan disarankan untuk menjaga daya tahan tubuh.

“Meskipun kini masa pandemi COVID-19 mulai berangsur tetapi harus melakukan tes PCR terlebih dahulu yang bertempat di Dinas Kesehatan, adapun hal-hal yang dapat mengurangi stamina tubuh tolong dikurangi seperti merokok. Mulailah mengonsumsi multivitamin, makanan gizi seimbang, kurangi karbohidrat, dan jalani Perilaku Hidup Bersih dan Sehat,” pungkasnya. (Ald)

Baca Juga