Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Bupati Banjar dan Forkopimda Salat Idul Adha 1443 H di…

Bupati Banjar dan Forkopimda Salat Idul Adha 1443 H di Masjid Al Karomah

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA –  Bupati Banjar H Saidi Mansyur bersama wakilnya Habib Idrus Al Habsyie dan Forkopimda Banjar, melaksanakan salat Idul Adha 1443 Hijriah di Mesjid Agung Al Karomah Martapura, Minggu 10/7/2022 pagi.

Bertindak selaku imam pimpinan Madrasah Darussalam dan Tahfiz Ilmu AlQur’an Martapura KH M Wildan Salman dan Khatib pimpinan Ponpes Darussalam Martapura KH Hasanuddin Badruddin.

KH Hasanuddin dalam khutbahnya menjelaskan makna hakikat berkurban,  yaitu sebagai upaya pendekatan diri kepada Allah, dengan menjalankan segala perintah dan menjauhi laranganNya.

BACA JUGA :  Resmikan Tiga Fasilitas Umum, Gubernur Kalsel dan Bupati Banjar ke Paramasan

“Dengan berkurban merupakan wujud pendekatan diri kita kepada Allah SWT  (Hablum minallah), serta dari perspektif sosial  memberikan kesejahteraan bagi masyarakat kurang mampu untuk bisa menikmati daging hewan kurban, yang tidak bisa mereka makan dalam kehidupan sehari hari (Hablum Minannas),” jelasnya.

KH Hasanuddin menambahkan, semua itu harus disertai dengan perasaan ikhlas, jangan disertai dengan kesombongan dan ria yang berakibat ibadah kurban akan berakhir sia sia.

BACA JUGA :  Disdik Banjar Siapkan Posko Pengungsian

“Kebersihan jiwa dan keikhlasan beramal merupakan syarat kalau ibadah kurban kita mau diterima oleh Allah SWT, marilah kita petik hikmah  dari hari raya Idul Adha ini, untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan umat,” pungkasnya.

Dalam pelaksanaan salat Idul Adha 1443 H tersebut juga turut dihadiri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, yang dijadwalkan akan menyerahkan bantuan sapi kurban Presiden RI kepada pengurus Mesjid Agung Al Karomah Martapura .

Baca Juga