Logistik Pilkades Serentak Kapuas 2022 Sudah 95 Persen, Siap Didistribuksikan ke 155 Desa

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, KUALA KAPUAS – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2022 di Kabupaten Kapuas logistik telah siap untuk didistribusikan.

Logistik pilkades serentak tersebut berupa surat suara, bilik suara, kotak suara, bantalan, tinta, paku, gembok dan lainnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kapuas, Yanmarto menyampaikan, logistik Pilkades tersebut akan didisribusikan ke 17 kecamatan, diteruskan ke 155 desa dan 401 Tempat pemungutan suara.

“Persiapan logistik Pilkades sudah 95 persen, tinggal memasukan saja,” kata Yanmarto, Sabtu, 23 Juli 2022.

BACA JUGA :  Gebraks Raih Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik

Estimasi waktu pendistribusian logistik Pilkades ini dijadwalkan mulai hari ini Sabtu 23 Juli hingga H-1 hari pelaksanaan pemungutan suara.

Dalam pendistribusian nantinya akan dilakukan pengawalan oleh aparat kepolisian.

“Aparat kepolisian dari Polres Kapuas siap mengawal pergerakan logistik ini dari kabupaten ke desa dan sebaliknya,” terang Yanmarto.

Ia menuturkan, logistik setelah sampai di desa dilakukan lagi pemeriksaan dan perhitungan jumlah logistik oleh panitia desa dihadapan aparat kemanan, BPD dan masyarakat.

“Distribusi ini memperhatikan dua hal pertama kita mendahulukan wilayah atau jarak tempuh yang jauh, terisolir itu diutamakan,” sebut Kepala DPMD Kapuas.

BACA JUGA :  Tegakkan Perda dan Kepatuhan Prokes, Tim Gabungan Gelar Patroli

Kemudian, untuk wilayah desa-desa yang jumlah pemilihannya banyak meskipun dekat tetap diprioritaskan didahulukan pendistribusian.

“Sehingga tersedia cukup waktu menghitung dan mendatanganinya,” katanya.

Diketahui, Pilkades serentak Kapuas masuk tahap pelaksanaan kampanye, 20 sampai 22 Juli, masa tenang 23 hingga 25 Juli dan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara akan digelar Selasa, 26 Juli 2022 mendatang. (Ed)

Baca Juga