Pemdes Pulau Telo Baru Dukung Pengembangan Destinasi Wisata untuk Dongkrak Perekonomian Desa

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, KUALA KAPUAS – Penjabat Pemerintah Desa Pulau Telo Baru, Samugi mendukung pengembangan destinasi wisata diwilayahnya, melihat potensi wisata di desa pulau telo Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas, yang cukup besar dan dapat menjadi destinasi wisata unggulan.

Pj Kades Pulau Telo Baru, Samugi mengatakan, secara strategis wilayah di pulau telo didukung dengan keasrian alamnya yang masih terjaga kualitasnya. Sehingga pemanfaatan sumber daya alam sebagai destinasi wisata sangat tepat dalam mendongkrak perekonomian dan pemberdayaan masyarakat lokal di dua desa.

“Iya tujuannya agar desa memiliki sumber perekonomian sendiri, jika desa memiliki destinasi wisata maka di dalamnya pasti ada pemberdayaan masyarakat sehingga memunculkan efek domino yang positif,” ucap Samugi, Minggu (14/08/2022).

BACA JUGA :  Kajati Kalteng Resmikan Rumah RJ dan Balai Rehabilitasi di Kejari Kapuas

Samugi juga menyebutkan, sejauh ini ada dua desa diKecamatan selat yang berfokus pada pengembangan destinasi wisata alami dengan ciri khas dan konsep yang berbeda-beda untuk pulau telo.

“Ada Desa Pulau Telo Lama dan Desa Pulau Telo Baru. Kita berharap agar ini dijadikan role model supaya desa lain juga mengikuti dan memodifikasi wisata diwilayahnya,” kata PJ Kades Pulau Telo Baru, Samugi yang juga Lurah Selat Hulu.

Ditempat terpisah, Camat Selat, Yaya Setiabudi, S. Sos mengatakan Destinasi wisata pulau telo sudah viral di kalangan masyarakat dan kerap menjadi pilihan warga sekitar untuk berkeinginan mengembangkan sebagai tempat wisata, bahkan sebagai desa wisata.

BACA JUGA :  Bupati Kapuas Ingatkan Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan

“Iya, destinasi pulau telo ini, sejak pencanangan sebagai desa wisata diakui oleh Pemerintah Daerah, bahkan juga penanaman perdana bibit buah – buahan yang dilakukan Bupati Kapuas, Ir Ben Brahim S Bahat bersama para kepala OPD lingkup Pemkab kapuas,” ujar Camat Yaya.

“Direncanakan pada hari Selasa 16 Agustus 2022 dilakukan kembali penanaman bibit buah – buahan oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat. Adapula kegiatan Adventure Trail dan juga kegiatan Pramuka untuk perkemahan,” pungkas Camat Selat, Yaya Setiabudi. (Gus)

Baca Juga