Pemkab HSS Gelar Lomba Lestarikan Permainan Balogo

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, KANDANGAN – Supaya permainan tradisional tetap dikenal dan tidak tergerus kemajuan zaman serta teknologi, Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) menggelar lomba balogo.

Pertandingan balogo diikuti 188 tim, terdiri dari 137 tim dari Kabupaten HSS, tiga tim dari Kabupaten HST, 15 tim dari Kabupaten Balangan, 22 tim dari Kabupaten Tapin dan 12 tim lagi dari Kabupaten Tanah Bumbu ini untuk memeriahkan hari jadi Kabupaten HSS ke-68 sekaligus HUT Korpri ke-47 tahun 2018.

BACA JUGA :  Balangan Berstatus PPKM Level 1

Lomba dilaksanakan dari 10 sampai 12 Desember dibuka langsung Bupati HSS, H Achmad Fikry dan ditandai dengan pemukulan balogo.

Bupati HSS, H Achmad Fikry mengatakan bahwa balogo adalah olahraga tradisional yang harus dipertahankan dan dilestarikan supaya generasi muda dapat mencintai kearifan lokal dan budaya daerah sendiri.

“Sehingga anak-anak sekarang tidak selalu terjebak pada olahraga yang mahal-mahal,” harapannya.

BACA JUGA :  Kapolda Tinjau Polsek Martapura Timur

Lomba balogo juga sebagai bentuk usaha dan kepedulian Pemkab HSS melestarikan berbagai permainan tradisional yang saat ini hampir jarang dimainkan anak-anak.

Hal senada diutarakan Bahteransyah panitia pelaksanaan lomba balogo yang digelar Pemkab HSS. Menurutnya balogo salah satu jenis permainan tradisional dari Kalsel yang harus terus dilestarikan.

“Semoga dengan lomba ini kelestarian balogo terus dijaga,” ujarnya. (mbur)

Baca Juga