Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Peringati Hari Farmasi Sedunia, IAIPC Balangan Edukasi Warga

Peringati Hari Farmasi Sedunia, IAIPC Balangan Edukasi Warga

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Memperingati Hari Farmasi Sedunia, Ikatan Apoteker Indonesia Cabang Balangan (IAIPC Balangan) mengedukasi warga dengan membagikan pamflet terkait mengenali jenis obat hingga obat yang telah kadaluarsa, pada acara Family Fun Day Balangan, di Terminal Paringin, Minggu (25/9/2022).

Ketua IAIPC Balangan, Rahmat Fauzi yang turut mengikuti kegiatan ini, mengatakan bahwa edukasi bertujuan agar warga mengetahui dan memahami tata cara penggunaan obat.

“Hari ini kami bersama anggota IAIPC Balangan mengikuti kegiatan family fun day sekaligus mengedukasi warga dalam hal penggunaan obat, mengenali jenis obat dan tata cara penggunaannya hingga mengecek kadaluarsanya obat tersebut,” katanya.

Rahmat Fauzi juga mengatakan, kegiatan yang bersamaan dengan acara Family Fun Day setiap hari Minggu tersebut sangat cocok untuk mengedukasi warga masyarakat Balangan, dan isi dari pamflet sendiri adalah berisikan tentang pemahaman obat Tuberculosis (TBC) dan tentang obat Diabetes Melitus (DM).

BACA JUGA :  Bupati Balangan Melepas 109 Atlet Guna Unjuk Bakat di FORDA Kalimantan Selatan

“Semoga warga masyarakat dapat mengerti tentang penyakit Diabetes Melitus (DM) dan penyakit Tuberculosis (TBC), agar para warga dapat berobat atau mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk menindaklanjutinya,” ujar Rahmat Fauzi.

Salah seorang anggota IAIPC Balangan, Resti Utami, juga menambahkan bahwa pihaknya sendiri memberikan edukasi terkait penyakit TBC karena penyakit tersebut penularannya sangat cepat, salah satunya melalui udara.

Resti menyebutkan, penyakit ini sendiri menjadi perhatian tenaga kesehatan nasional sehingga obat-obatan yang digunakan untuk TBC pun sudah dibuatkan paket tertentu yang harus dikonsumsi dalam jangka waktu lama minimal enam bulan.

BACA JUGA :  Pemkab Balangan Adakan Sosialisasi Road Map RB General dan Tematik

“Maka dari itu sangat penting sekali bagi kami melakukan edukasi terkait TBC ini dalam hal pengobatannya, penyimpannya serta penggunaan obatnya agar meningkatkan efektivitas terapi untuk menunjang kesembuhan penyakit ini,” sebutnya.

Terakhir, Resti mengatakan, untuk penyakit diabetes melitus atau gula darah sendiri merupakan penyakit yang salah satu penyebabnya adalah karena pola hidup konsumsi makanan dengan kadar gula yang berlebihan dan sering tidak disadari, diabetes juga dapat mengakibatkan komplikasi penyakit lainnya.

Baca Juga