Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tahukah Anda
  4. »
  5. Inilah 6 Strategi Jualan di Marketplace Bagi Pemula

Inilah 6 Strategi Jualan di Marketplace Bagi Pemula

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com – Ingin merintis bisnis online shop? Rasanya, Strategi Jualan di Marketplace adalah sebuah pengetahuan dasar yang perlu anda ketahui. Karena faktanya, tidak semua penjual di marketplace atau online shop ini laku pembeli.

Bahkan, beberapa gerai harus tutup toko dalam waktu singkat karena tidak ada perputaran uang, yang juga mengakibatkan tidak ada keuntungan modal yang diterima.

Meskipun terlihat mudah, ternyata jualan di marketplace juga perlu dengan kiat-kiat khusus. Benar? Di bawah ini ada beberapa daftar Strategi Jualan di Marketplace yang bisa anda pertimbangkan untuk mendapatkan dan menaikkan laba.

Mari kita simak bersama-sama!

6 Strategi Jualan di Marketplace untuk Pemula

  1. Membuat Beberapa Toko di Berbagai Marketplace

Tidak masalah jika anda membuat beberapa toko sekaligus di beberapa marketplace. Hal ini justru memungkinkan anda mendapatkan pelanggan jauh lebih banyak.

  1. Sediakan Barang Kebutuhan Pasar

Sebagai seorang sudah menjadi hal primer untuk mengetahui target pasar. Dengan mengetahui target pasar, maka anda juga bisa menentukan barang apa saja yang akan dijual.

Jika target pasar adalah ibu millenia, anda bisa menjual berbagai perabotan rumah tangga yang unik, atau menjual setelan jas untuk para pekerja kantoran.

  1. Berikan Banyak Pilihan
BACA JUGA :  Mengenal Istilah Kambang Sarai, Rangkaian Bunga yang Khusus Dibuat Pengrajin Martapura

Setelah mengetahui target pasar dan jenis barang yang akan dijual, pastikan anda memberikan banyak pilihan barang untuk semua pelanggan. Banyaknya pilihan, akan membuat konsumen lebih mudah menemukan yang dibutuhkannya.

Misalkan anda ingin menjual perabotan rumah tangga, anda bisa menjual panci dengan berbagai kualitas, harga dan merek.

  1. Maksimalkan Branding

Berjualan di marketplace tetap butuh optimasi, salah satunya adalah di media sosial. Gunakan media sosial sebagai ajang iklan dan branding diri anda sebagai penjual.

  1. Berikan Banyak Pilihan Ekspedisi Pengiriman

Jangan salah, memberikan banyak pilihan ekspedisi juga akan membuatkan pelanggan nyaman berbelanja di toko anda. Karena konsumen sendiri biasanya sudah memiliki langganan ekspedisi, baik karena harga hingga jarak antar ke rumah meraka.

  1. Jual dengan Harga Terjangkau

Hal yang paling penting adalah menjual dengan harga terjangkau. Tentu mendapatkan keuntungan adalah hal penting dalam bisnis. Namun, mendapatkan dan menjaga konsumen juga tak kalah pentingnya.

Jadi, sebaiknya anda tidak menjual barang dengan harga yang berlebihan karena ingin mendapatkan keuntungan yang sangat besar.

Untuk teman-teman pemula di bisnis online shop, memang ada baiknya juga mengenali terlebih dahulu berbagai fitur yang disediakan oleh marketplace. Karena tidak jarang, kesalahan penjual juga mengakibatkan para pembeli “tidak kembali lagi”.

BACA JUGA :  Balamut, Tradisi Langkah yang Makin Jarang Kita Saksikan di Martapura

Untuk yang ingin membuat akun atau toko online, cara daftar jualan online juga perlu dilakukan dengan ketelitian. Karena jika ada kesalahan data, tentu saja akan menyulitkan anda.

Setelah mengetahui berbagai hal teknis di atas, sudahkah teman-teman menentukan marketplace yang akan digunakan untuk berjualan? Salah satu marketplace yang bisa anda gunakan adalah Blibli.

Mengapa harus menggunakan Blibli? Pertama, Blibli memiliki banyak penawaran bonus untuk anda (seller atau penjual). Bahkan, untuk para seller yang bergabung di bulan Desember bisa mendapatkan bonus modal hingga 5,4 juta!

Kedua, Blibli memberikan layanan gratis ongkir dan asuransi untuk semua barang. Ini tentu saja sangat memuaskan pelanggan toko anda. Kemudian, Blibli juga tidak meminta deposito maupun denda untuk semua toko. Bahkan, ada foto barang gratis yang bisa anda manfaatkan.

Strategi Jualan di Marketplace memang perlu berbagai percobaan hingga waktu. Karena tidak semuanya bisa berjalan dalam waktu singkat. Itulah kenapa, perlu konsistensi ketika anda ingin berjualan di marketplace.

Baca Juga