Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tahukah Anda
  4. »
  5. Camat Sungai Loban Bantu Warga Terdampak Rob

Camat Sungai Loban Bantu Warga Terdampak Rob

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Warga Tanah Bumbu terdampak air ROB (air pasang) di Kecamatan Satui dan Sungai Loban Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) menerima bantuan paket sembako dan kebutuhan urgen lainnya dari pemerintah setempat.

Camat Sungai Loban Agus Salim, Senin (26/12/2022) mengatakan ada sebanyak 52 Kepala Keluarga (KK) di RT 6 Muara Sebamban, Desa Sebamban Lama, Kecamatan Sungai Loban terdampak ROB atau air pasang surut.

Dalam rangka meringankan beban mereka, sebut Camat Sungai Loban, diberikan bantuan paket sembako oleh Kepala Desa Sebamban Lama dan perangkatnya pada Minggu kemarin.

Ia berharap, bantuan sembako tersebut dapat meringankan beban warga terdampak ROB yang terpaksa tidak bisa beraktifitas seperti biasanya.

BACA JUGA :  Dahsyat... Tiap Sabtu Digelar Balap Jukung, di Sini Tempatnya

Sementara Itu, Camat Satui Kadri Mandar mengatakan Pemerintah Kecamatan Satui melakukan berbagai upaya untuk membantu warga terdampak ROB di Kecamatan Satui.

“Beberapa upaya yang dilakukan yaitu menyuplai air bersih yg merupakan kebutuhan urgent, menyiapkan angkutan untuk mengevakuasi warga di tempat yg lebih aman untuk warga desa setarap yang diungsikan di Aula Kantor Desa Al-Kautsar,” sebutnya.

Sedangkan untuk warga Desa Satui Barat rencananya diungsikan di Kantor Desa Satui Barat yang baru dibangun. Sementara warga Sungai Cuka masih mengungsi ke rumah keluarga mereka yang tempatnya lebih aman.

Saat ini, ungkap Camat Satui, pihak kecamatan juga mendirikan dapur umum untuk menyediakan makan minum warga sambil menunggu dapur umum yang disiapkan oleh Dinas Sosial Tanah Bumbu.

BACA JUGA :  Latihan Gabungan 15 Perguruan Pencak Silat di Alun Alun Ratu Zalecha Martapura

Adapun data sementara warga terdampak Air ROB di Kecamatan Satui yakni Desa Satui Barat RT 5 dan RT 6 Jumlah KK 191 dengan 758 jiwa, Desa Sungai Cuka RT 3 dengan 48 kk dan 104 jiwa, dan Desa Setarap RT 1 sampai RT 4 dengan 283 kk 951 jiwa.

Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar melalui Staf Ahli Bupati Andi Aminuddin saat memimpin Upacara Senin di Kantor Bupati menghimbau warga untuk tetap waspada terhadap cuaca ekstrem yang berpotensi banjir, lonsor, angin puting beliung, maupun air pasang (ROB).

Selain itu, Ia juga memerintahkan SKPD terkait untuk cepat tanggap membantu masyarakat terdampak cuaca ekstrem tersebut.

Baca Juga