Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. Banjir di Banjarbaru, Dari Balita Terperangkap Hingga Cedera Kaki

Banjir di Banjarbaru, Dari Balita Terperangkap Hingga Cedera Kaki

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Pasca diterpa hujan lebat, puluhan kelurahan dan desa alami banjir bah di Kota Banjarbaru yang merendam ratusan rumah, Rabu (22/2/2023).

Banjir yang merendam ratusan rumah warga tersebut tidak berlangsung lama, hanya sekitar 1 jam.

Kusbianto (46) warga Sumberadi RT. 04 RW. 03 menjelaskan, banjir bah yang melanda kota banjar tersebut setinggi 1 meter lebih (setinggi leger orang dewasa) yang menenggelamkan ratusan rumah warga. Dalam kurun waktu 1 jam.

“Banjir ini yang pertama seperti ini, selama ini, dan dua kali diawal tahun 2023,” ujarnya

Dirinya menceritakan, kejadian tersebut berlangsung sangat cepat datangnya air, sehingga warga tidak bisa bersiap-siap. Bahkan arus air yang sangat kencang hingga menghanyutkan motor yang terparkir di jalan dan juga menggerus aspal.

BACA JUGA :  Banjir Kalsel, Jokowi Temui Pengungsi di Stadion Demang Lehman

“Banjir ini datangnya cepat, dan surutnya juga cepat. Sehingga kami tidak sempat menyelamatkan harta benda, serti kulkas TV yang ikut terendam,” jelasnya.

Tidak hanya itu, dalam insiden banjir bah tersebut, ada warga yang mengalami cedera di kaki saat menyelamatkan diri, serta balita yang masih terperangkap di dalam rumah.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono SE langsung terjung ke lokasi meninjau dan mengkoordinir relawan untuk membuat dapur umum.

“Untuk sementara ini warga yang terkena dampak kami ungsikan di Kelurahan, juga kami membuat dapur umum karena banyak warga yang belum makan dan tidak bisa memasak sejak tadi sore,” ujarnya.

BACA JUGA :  Giliran Cempaka dan Sungai Tiung Dipantau

Wartono mejelaskan, dalam kejadian tersebut, BPBD, Basarnas, dan Dinas Sosial (Dinsos) serta relawan telah stand by untuk melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak parah.

Berkaitan dengan penanggulangan bencana tersebut, Wakil Wali Kota akan memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang untuk melakukan pemeliharaan sungai dan lain sebagainnya.

“Kami juga ada memiliki relawan untuk membantu membersihkan gulma dan sampah-sampah,” pungkasnya.

Reporter: Mada Al Madani

Baca Juga