Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Jemaah Diminta Bawa Kantong Sampah Sendiri saat Haul ke-14 Haul…

Jemaah Diminta Bawa Kantong Sampah Sendiri saat Haul ke-14 Haul Abah Guru Sekumpul

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM,MARTAPURA – Jelang Haul ke-14 Al Allamah KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari pada 9-10 maret mendatang, kesibukan mulai terasa.

Karena, haul ulama besar tersebut dihadiri ribuan jemaah dari luar kota dan dari pelbagai pelosok nusantara. Kadang, ulama dari luar negeri ambil bagian mengikuti Haul Abah Guru Sekumpul.

WhatsApp Image 2019 01 15 at 14.43.41

Rasa aman dan nyaman bagi jamaah haul tentu menjadi prioritas bagi tuan rumah. Seperti yang terlihat pada Selasa (15/12/2019) siang, Kelurahan Sekumpul dibantu Dinas PUPR Banjar dan anggota Damkar Taufik membersihkan drainase Jalan Sekumpul.

BACA JUGA :  Kementerian ESDM Minta Portal Segera Dibuka

WhatsApp Image 2019 01 15 at 14.43.40

“Ini satu giat menyambut haul. Kami rutin setiap tahun memebersihkan drainase mampet. Banyak PR, ada 4 titik harus dibersihkan,” ujar Lurah Sekumpul Gusti Marhusin.

Banyaknya sampah di saluran drainase sangat mengganggu saluran air. Gusti Marhusin berharap, masyarakat dan pegiat usaha sepanjang jalan Sekumpul ikut serta menjaga kebersihan selokan dan tidak membuang sampah ke saluran tersebut.

WhatsApp Image 2019 01 15 at 14.43.38

“Tolong jaga sepanjang Jalan Sekumpul dari sampah. Kondisi ini selalu berulang, setiap tahun selalu terjadi seperti ini,”ucapnya.

BACA JUGA :  Jembatan Gantung Di Desa Halong Roboh, Akses Warga Terhambat

Dia juga menambahkan, tahun ini pihak kelurahan Sekumpul membentuk tim kebersihan pada saat haul nanti yang posko induknya ada di kantor Kelurahan Sekumpul. jadi saat ini sudah banyak relawan yang mendaftarkan diri.

WhatsApp Image 2019 01 15 at 14.43.39

“Kami menghimbau kepada jamaah haul, bisa membawa kantong sampah sendiri, sehingga sampahnya terkumpul dan memudahkan untuk tim relawan kebersihan untuk  mengambilnya,”’ katanya.(sairi)

Baca Juga