Kontes Durian, Ajang Berburu Varietas Unggul Lokal

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Kabupaten Banjar kembali mengenalkan Kontes Durian dan Gelar Buah Eksotis khas milik daerah. Kali ini tempatnya di Danau Tamiyang, Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karang Intan, Selasa(22/1) siang. Sebanyak 80 peserta dari 20 kecamatan se-Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar H Khalilurrahman bahagia, tiap musim buah selalu dimeriahkan oleh kontes durian. Ajang tetap tiap tahun tersebut selalu ditunggu oleh penggemar durian dari seluruh Kalimantan Selatan. Mereka datang ke Banjar khusus mencari durian berkualitas terbaik.

Dipilihnya Danau Tamiyang, tegasnya untuk  mengenalkan objek wisata desa tersebut kepada khalayak luas. Bahwa, berkat dorongan kepala desa dan dukungan masyarakat, sebuah tempat yang awalnya biasa dipoles sangat baik sehingga diminati seluruh warga dan bersedia berkunjung, bahkan berkali-kali.

Sedangkan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Banjar HM Fachry menegaskan, kontes ini digelar setiap tahun dan tempatnya berpindah-pindah.

Harapannya, ada lagi varietas unggul lokal yang diangkat ke tingkat yang lebih tinggi, menjadi varietas unggul nasional. Saat kontes tadi, ujarnya varietas si Lasung dari Desa Bi’ih menyisihkan seluruh peserta, dan menjadi juara pertama.

 

Baca Juga