Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Kontes Durian, Ajang Berburu Varietas Unggul Lokal

Kontes Durian, Ajang Berburu Varietas Unggul Lokal

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Kabupaten Banjar kembali mengenalkan Kontes Durian dan Gelar Buah Eksotis khas milik daerah. Kali ini tempatnya di Danau Tamiyang, Desa Mandikapau Barat, Kecamatan Karang Intan, Selasa(22/1) siang. Sebanyak 80 peserta dari 20 kecamatan se-Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar H Khalilurrahman bahagia, tiap musim buah selalu dimeriahkan oleh kontes durian. Ajang tetap tiap tahun tersebut selalu ditunggu oleh penggemar durian dari seluruh Kalimantan Selatan. Mereka datang ke Banjar khusus mencari durian berkualitas terbaik.

BACA JUGA :  Gambut Hanyar Babungas, Gerakan 2 Kecamatan Jaga Kebersihan

Dipilihnya Danau Tamiyang, tegasnya untuk  mengenalkan objek wisata desa tersebut kepada khalayak luas. Bahwa, berkat dorongan kepala desa dan dukungan masyarakat, sebuah tempat yang awalnya biasa dipoles sangat baik sehingga diminati seluruh warga dan bersedia berkunjung, bahkan berkali-kali.

BACA JUGA :  Safrizal Meminta Seluruh SKPD Pemprov Kalsel Lakukan Testing Setiap Kegiatan Kedinasan

Sedangkan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Banjar HM Fachry menegaskan, kontes ini digelar setiap tahun dan tempatnya berpindah-pindah.

Harapannya, ada lagi varietas unggul lokal yang diangkat ke tingkat yang lebih tinggi, menjadi varietas unggul nasional. Saat kontes tadi, ujarnya varietas si Lasung dari Desa Bi’ih menyisihkan seluruh peserta, dan menjadi juara pertama.

 

Baca Juga