Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Polres Banjar Gelar Rakor Persiapan Operasi Ketupat Intan 2023

Polres Banjar Gelar Rakor Persiapan Operasi Ketupat Intan 2023

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Polres Banjar menggelar Rapat Koordinasi (Rakoor) bersama instansi terkait dalam rangka mematangkan pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat (Ketupat) Intan 2023 menjelang dan pasca Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

Rakoor ini dilaksanakan di Aula Tribrata Polres Banjar pada akhir pekan kemarin dan dipimpin oleh Wakapolres Banjar, Kompol Boma Wedhayanto Purnomo, usai melaksanakan Lat Pra Ops Ketupat Intan.

Tujuan dari pelaksanaan Operasi Ketupat Intan 2023 ini adalah untuk menjamin dan memberikan rasa aman kepada masyarakat yang tengah menjalankan ibadah puasa, sekaligus menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Dengan begitu, diharapkan akan terwujud keamanan, keselamatan, dan ketertiban, serta kelancaran arus lalulintas (Kamseltibcar Lantas).

Selain itu, diharapkan arus mudik dan arus balik akan lancar sehingga dapat menurunkan jumlah pelanggaran dan kecelakaan saat berlalulintas.

BACA JUGA :  Anak Punk Bikin Resah, Pedagang KWK Martapura Minta Penertiban

Dalam upaya melakukan pengamanan arus lalulintas menjelang dan pasca Lebaran Idul Fitri 1444 H, Polres Banjar akan menerjunkan sebanyak 160 personel gabungan, terdiri dari 88 personel dari Polres Banjar dan 12 personel dari TNI. Sementara itu, Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perhubungan (Dishub), dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Banjar masing-masing akan menerjunkan sebanyak 12 personel.

Polres Banjar juga telah mengidentifikasi 7 titik lokasi yang sangat rawan terjadi kecelakaan saat berlalu lintas di wilayah Kabupaten Banjar.

Titik-titik rawan tersebut adalah ruas jalan Gubernur Soebardjo, ruas jalan Gubernur Syarkawi yang memiliki jalan lurus dua arah, padat arus, minim rambu-rambu, dan minim Penerangan Jalan Umum (PJU).

BACA JUGA :  Kabupaten Banjar, Penghasil Varietas Unggul Tingkat Nasional.. Berikut List Varietas Unggulnya

Sedangkan di ruas Jalan Martapura Lama, jalannya cukup sempit, padat arus, tidak tertib, dan minim PJU. Begitu juga di ruas jalan Ahmad Yani, baik di Km40, Km56, Km8, Km14, Km63, serta Km75.

Polres Banjar bersama instansi terkait lainnya telah melakukan berbagai langkah-langkah untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan dan kecelakaan saat berlalu lintas dengan melengkapi sejumlah fasilitas jalan umum, salah satunya dengan berkoordinasi dengan pihak PLN.

Diharapkan dengan persiapan yang matang dan koordinasi yang baik, Operasi Ketupat Intan 2023 dapat berjalan dengan lancar dan memberikan rasa aman kepada masyarakat

Baca Juga