Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Fokus Kembangkan SDM, BLK dan RIK Sasar Lapas Batulicin

Fokus Kembangkan SDM, BLK dan RIK Sasar Lapas Batulicin

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Tim Balai Latihan Kerja (BLK) Tanah Bumbu (Tanbu) bersama Rumah Inspirasi Kreatif (RIK) bertandan ke Lapas Kelas III Batulicin, mereka membawa misi pengembangan sumber daya manusia.

Kunjungan ini dilakukan, Kamis (27/4/) siang. Tim BLK dan RIK disambut oleh Kasubsi Pembinaam Lapas, Tasrah.

Dalam kesempatan itu, Tasrah menyambut baik program yang ditawarkan BLK dan RIK, yakni kerjasama pembinaan terhadap warga binaan, berupa palatihan keterampilan di bidang usaha.

“Luas area Lapas Batulicin yang mencapai tujuh hektare ini sangat memungkinkan untuk tempat praktik keterampilan bagi para warga lapas,” ucapnya.

Menurutnya, program pembinaan ini sejalan dengan upaya yang dilakukan lapas terhadap para narapidana agar ketika bebas bisa menjalani kehidupan sosial secara normal.

BACA JUGA :  Uji Coba Penyediaan Bahan Ditandai PKS Antar Pemkab Tanbu dan PT ITP

“Dengan harapan, ke depannya mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan wirausaha jika telah bebas dari masa hukuman,” tururnya.

Sejauh ini, lapas tertarik untuk menggelar pelatihan dan praktik budi daya jamur tiram. Tasrah berharap, kunjungan ini menjadi awal yang baik, sehingga tujuan positif tersebut dapat terealisasi secara maksimal.

“Ini dapat menjadi awal yang baik bagi kolaborasi antara Lapas Batulicin, BLK dan RIK dalam memberikan pelatihan-pelatihan yang bermanfaat bagi warga lapas,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua RIK Anwar Ali Wahab menjelaskan, mereka telah menawarkan kolaborasi pengembangan keterampilan untuk warga binaan lapas, menurutnya, ini adalah salah satu program yang dijalankan bersama BLK.

BACA JUGA :  Ini Langkah Strategis Pemkab Tanbu Menuju Perbaikan Jalan Provinsi KM 171

“Kami ingin memberikan pelatihan-pelatihan yang lebih luas dan bervariasi, dengan harapan dapat memberikan kesempatan yang lebih besar bagi para warga lapas untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka,” ungkapnya.

Terlepas dari itu, Dia menekankan. Bersama BLK pihaknya memiliki komitmen untuk terus berupaya menggenjot segala potensi pengembangan di tengah masyarakat, tujuannya jelas agar Tanbu memiliki SDM yang unggul.

“Kami memiliki komitmen yang sama,” pungkasnya.

Pada kesempatan kunjungan itu, juga ada penyerahan sertifikat pelatihan untuk pihak lapas, yang  diserahkan langsung oleh Kepala BLK, Riza Ahyari kepada Tasrah.

Baca Juga