Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Pemkab Tanbu Apresiasi Dispersip Provinsi Kalsel 

Pemkab Tanbu Apresiasi Dispersip Provinsi Kalsel 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com. BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) sangat mengapresiasi pelatihan yang dilakukan pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), dimana ini akan meningkatkan wawasan pengelola perpustakaan sekolah dan perpustakaan desa yang ada di Kabupaten Tanbu khususnya yang belum mendapatkan pelatihan.

Hal ini disampaikan Kadis Persip Tanbu melalui Sekretarisnya Muhammad Saleh, disela pelaksanaan pelatihan pembinaan Perpustakaan Sekolah dan Desa di studio Dispersip Tanbu.

Menurutnya, Pelatihan itu sendiri akan meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat khususnya pemustaka agar layanan perpustakaan baik di sekolah maupun di desa akan berstandar nasional ataupun terakreditasi.

BACA JUGA :  Pimpinan SKPD Tanbu Mulai Terisi Pasca Pensiunnya  Sejumlah Pejabat

Seperti halnya jumlah koleksi yang dimiliki ataupun pengelola mempunyai keterampilan dalam melakukan tata laksana pelayanan sehingga pelayanan di pusat kota dan pelosok desa standar pelayanannya sama.

“Utamanya adalah meningkatkan literasi masyarakat, namun ketika pelayanan itu memenuhi standar maka masyarakat akan tertarik dengan sendirinya untuk bisa mengunjungi perpustakaan, bagaimana bisa tertarik kalau perpustakaannya tidak menarik.

Dia menambahkan, gempuran tekhnologi kini menjadi tantangan dalam menumbuhkan minat baca.

Sementara untuk menyesuaikan di era kemajuan tekhnologi ini dengan strategi yang sudah dilakukan yakni menyediakan layanan digital melalui E Tanbu, kemudian di pusat perbelanjaan, pihaknya juga menyediakan pojok baca digital atau Pacadi.

BACA JUGA :  Puncak Mappanre Ri Tasi'e, Bupati Tanbu Rayakan Makan Bersama Diatas Kapal Nelayan

“Selain berbagai pendekatan, juga dilakukan berbagai pelatihan promo untuk UMKM melalui media digital agar UMKM kita juga bisa dapat mengakses promosi yang lebih luas melalui digitalisasi ini,” tutupnya.

Sementara itu, kegiatan pelatihan dibuka Kabid Pelayanan dan pembinaan Perpustakaan Kearsipan Wildan Akhyar, dihadiri Kepala Dispersip Tanbu Yulia Ramadhani. (MHL)

Baca Juga