Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kalsel
  4. »
  5. Paman Birin Pastikan Kalsel Siap Tangani Karhutla

Paman Birin Pastikan Kalsel Siap Tangani Karhutla

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, BANJAR – Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor atau Paman Birin memastikan daerahnya siap melakukan penanganan bencana khususnya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Pemprov Kalsel telah menyiapkan langkah langkah strategis agar saat terjadi kebencanaan bisa tertangani dengan cepat.

“Berbagai upaya, dengan segenap sumber daya yang kita miliki, harus kita lakukan untuk meningkatkan kewasapadaan dan kesiapsiagaan, sehingga kita dapat mencegah dan mengendalikan kebakaran hutan dan lahan, yang berdampak pada terjadinya bencana kabut asap,” kata Paman Birin pada Apel Siaga menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan serta Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2023 di Lapangan Pondok Pesantren (Ponpes) Cindai Alus Putra, Martapura, Kabupaten Banjar, Rabu (3/5) sore.

Disampaikan Paman Birin, berdasarkan data BMKG, pada tanggal 1 Mei 2023 kemarin, mulai kawasan Timur Indonesia, diselimuti ultraviolet sinar matahari kategori berbahaya dan ekstrem, yang kemudian meluas hingga Kalimantan dan Sumatera.

BACA JUGA :  Terungkap, Fase Booming Makam Harum Telok Selong Menurun

Fenomena ini mengharuskan, untuk mewaspadai secepat dan sedini mungkin. karena disaat cuaca panas dan di musim kemarau, yang diperkirakan terjadi pada pertengahan bulan Mei hingga Agustus dan September, sangat rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Berdasarkan data BMKG, harus kita waspadai terutama wilayah kita, ada titik titik yang harus kita jaga salah satunya wilayah bandara,” katanya.

Dikatakan Paman Birin, untuk mengamankan wilayah Bandara Syamsudin Noor dari kebakaran Kahutla pihaknya telah melakukan simulasi dengan melakukan pembukaan pintu air irigasi waduk Riam Kanan. Pintu air berdekatan dengan Ponpes Darul Hijrah Putra.

BACA JUGA :  Ribuan Goweser Meriahkan Sepeda Nusantara Etape Kabupaten Banjar

Pintu air itu akan mengalirkan air ke kanal-kanal yang akan membasahi lahan gambut yang permukaan airnya sudah mulai menurun hingga ke wilayah Bandara Syamsudin Noor.

Pada kesempatan tersebut, Paman Birin juga meminta masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang melanda banua.

Pada apel siaga karhutla ini total personil yang hadir mencapai 700 orang. Pada apel tersebut Satgas Karhutla juga melakukan simulasi penanganan bencana karhutla.

 

Turut hadir Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian, Kajati Kalsel Mukri, Danlanud Syamsudin Noor Kolonel Pnb. Vincentius Endy Hadi Putra, Pimpinan Ponpes Darul Hijrah KH Zarkaysi, Kepala BPBD Kalsel R. Suria, pejabat lingkup Pemprov Kalsel serta tamu undangan lainya (syh/adpim/hl9)

Baca Juga