Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. bappedalitbang
  4. »
  5. Bappedalitbang Banjar Fasilitasi  Rapat Persiapan Penilaian Smart City

Bappedalitbang Banjar Fasilitasi  Rapat Persiapan Penilaian Smart City

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Banjar fasilitasi rapat persiapan penilaian smart city yang dibagi ke 6 pokja berdasar 6 dimensi smart city, pada 30 dan 31 Mei 2023 tadi.

Gerakan menuju 100 Smart City merupakan program bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas dan Kantor Staf Kepresidenan.

Gerakan tersebut bertujuan membimbing kabupaten dan kota dalam menyusun Masterplan Smart City agar bisa lebih memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun mengakselerasikan potensi yang ada di masing-masing daerah.

Sehubungan dengan surat Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI perihal undangan mengikuti evaluasi tahap I  yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi di Surabaya pada tanggal 12 s/d 14 Juni 2023.

BACA JUGA :  Sambut Lebaran: Kepala Bappedalitbang Banjar Ajak Staf Manfaatkan Libur dengan Bijak

Pemkab Banjar pun menyiapkan dokumen terkait pengisian bahan evaluasi implementasi program kota cerdas (smart city) tahap 1 maka diselenggarakan rapat persiapan penilaian smart city yang dibagi ke 6 pokja berdasarkan 6 dimensi smart city (smart governance, smart society, smart living, smart environment, smart branding, smart economy).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Sekda Kabupaten Banjar H Mokhamad Hilman, ST MT didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian HM Aidil Basith, Kepala Bappedalitbang Hj Siti Hamidah MSi. dan para pejabat lainnya terkait Smart City Kabupaten Banjar.

Sekda Banjar mengarahkan terhadap SKPD terkait turut aktif berkolaborasi dalam pengisian kuisioner, evaluasi dokumen terkait inovasi daerah dan dukungan serta kontribusi sesuai peranannya sebagai bahan evaluasi tahap 1 yang dileadingsektori oleh DKISP Kabupaten Banjar.

Tak lupa pula diperlukan kerja cerdas out of the book dalam menyikapi smart city di Kabupaten Banjar agar terintegritas dengan visi misi RPJMD Kabupaten Banjar menuju kota cerdas dengan perspektif efisiensi publik maju mandiri dan agamis.

BACA JUGA :  Bappedalitbang Banjar Laksanakan Monitoring Evaluasi Kinerja

Kepala Bappedalitbang Banjar, Hj Siti Hamidah, menyampaikan Bappedalitbang sebagai pokja smart city Kabupaten Banjar melalui dukungan infomasi data inovasi yang ada, salah satu upaya dalam menunjang smart city di Kabupaten Banjar Bappedalitbang menyelenggarakan Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Banjar tahun 2023.

“Kegiatan itu sebagai upaya dalam menjaring inovasi dengan data dukung dan memberikan reward untuk para inovator di Kabupaten Banjar,” jelas dia.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Banjar, SKPD terkait Smart City, Lurah Sekumpul dan para inovator daerah

Baca Juga