Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. RSDI
  4. »
  5. STOP!!! Bersihkan Telinga Pakai Cotton Bud

STOP!!! Bersihkan Telinga Pakai Cotton Bud

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headine9.com, BANJARBARU – STOP!! membersihkan telingan dengan cotton bud secara belebihan. pasalnya dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian telinga.

Berikut penjelasan dari Dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT) di RSDI Kota Banjarbaru, dr Rifa Septian, menurutnya, membersihkan kotoran telinga menggunakan cotton bud sebaiknya dihindari.

“Kami tidak menyarankan membersihkan kotoran telinga nenggunakan cotton bud, terutama pada bagian dalam telinga,” ucapnya, Senin (31/7/2023).

Menurutnya, penggunaan cotton bud pada bagian dalam telinga beresiko lepasnya kapas yang ada pada batang cotton bud.

BACA JUGA :  RSD Idaman Berikan Tips Konsumsi Daging Untuk Penderita Kolesterol dan Hipertensi

“Sehingga dapat menyebabkan iritasi pada liang telinga dan malah mendorong kotoran lebih dalam,” ujarnya.

Telinga manusia, dilanjutkan dr Rifa, memiliki sistem alami untuk membersihkan diri, sehingga tidak dianjurkan untuk membersihkan terlalu dalam.

“Cukup bersihkan bagian permukaan telinga saja. Jika kotoran di telinga bagian dalam tidak bisa keluar, disarankan untuk menggunakan obat tetes telinga agar kotoran menjadi lebih lembut, dan selanjutnya dapat diperiksakan ke dokter THT untuk pembersihan lebih lanjut,” katanya.

BACA JUGA :  Hari Gizi Nasional, RSD Idaman Banjarbaru Bagi Parcel Untuk Pasien

Masih kata dr Rifa, dirinya menyarankan untuk kontrol rutin ke dokter, minimal 3 sampai 6 bulan sekali. Meskipun tidak ada keluhan, disarankan untuk melakukan pemeriksaan telinga agar dapat dicek kondisinya atau jika ada kotoran, sekaligus dapat dibersihkan.

“Pentingnya menjaga kebersihan telinga dan memahami cara yang tepat untuk membersihkannya, dapat mencegah masalah yang lebih serius dan menjaga kesehatan pendengaran,” ucapnya.

Baca Juga