Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. RSDI
  4. »
  5. RSD Idaman Beri Tips Cegah Terserang Tipes

RSD Idaman Beri Tips Cegah Terserang Tipes

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headliane9.com, BANJARBARU – Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru memberikan beberapa tips mencegah penyakit tipes yang biasa menyerang anak anak dan orang dewasa, Sabtu (29/7/2023).

Direktur RSDI Kota Banjarbaru, dr Danny Indrawardhana mengatakan, salah satu cara mencegah dari terserangnya penykit ini dengan cara menjaga kebersihan diri.

“Faktor lingkungan juga sangat berpengaruh. Maka dari itu menjaga kebersihan lingkungan juga termasuk dalam salah saru pencegahannya,” ucap dr Danny.

Selain itu, dilanjutkan dr Danny, penyediaan air minum yang bersih juga penting bagi manusia. Termasuk salah satu cara mencegah penyakit tipes.

BACA JUGA :  RSD Idaman Banjarbaru Miliki 3 Dokter Spesialis Penyakit Dalam

“Lalu ada pemberian vaksin typhoid. Jenis vaksin ini diberikan pada anak-anak berusia di atas 2 tahun serta orang dewasa, dengan dosis pemberian sebanyak 1 kali suntikan, setiap 3 tahun,” katanya.

Menurutnya, berbagai gejala menjadi salah satu terkena penyakit tipes. Salah satunya demam yang tinggi dalam minggu pertama hingga suhu tubuh mencapai 38 hingga 40 derajat celcius.

“Gangguan saluran pencernaan, penurunan kesadaran dan pembesaran hati dan limpa,” ujarnya.

Masih kata dr Danny, bagi masyarakat yang ingin berobat maupun konsultasi terkait penyakit tipes, bisa saja langsung mengunjugi RSDI Kota Banjarbaru.

BACA JUGA :  Peringati Hari Jantung Se-Dunia, RSD Idaman Gelar Senam Jantung Sehat

“Di RSD Idaman sediakan dokter spesialis khusus untuk menangani penyakit ini. Jadi masyarakat bisa saja langsung datang ke RSDI Banjarbaru,” katanya.

Tipes juga merupakan penyakit infeksi pada usus halus bersifat menular, tipes merupakan penyakit akut yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi. Bakteri itu biasanya ditemukan di air atau makanan yang terkontaminasi. Selain itu, bakteri ini juga bisa ditularkan dari orang yang terinfeksi.

Baca Juga