Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Asah Keterampilan, Alumni BLK Tanbu Bakal Punya Workshop Baru

Asah Keterampilan, Alumni BLK Tanbu Bakal Punya Workshop Baru

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) merancang sebuah model yaitu Tanbu Teknopark, ini merupakan workshop sebagai persiapan wadah penampungan alumni pelatihan yang masih perlu mengasah keterampilannya.

Konsep Tekhnopark ini dibuat lagi ke program baru yaitu lumbung talenta yang berguna menampung semua alumni, baik yang sudah kerja maupun belum bekerja, demi mengasah keterampilan tersebut.

Dalam wadah itu, sesama Alumni saling memberikan pengalaman yang sudah didapat dari tempat mereka bekerja, disamping itu saat masuk di workshop ini sipatnya langsung kepada pelayanan bisnis, sehingga alumni bukan hanya mengasah kemampuan, namun sudah bekerja dengan pendekatan interpreunurship.

BACA JUGA :  Wabup Sampaikan Rencana Awal RPJMD 2021-2026 ke DPRD Tanbu

Hal ini disampaikan Kepala BLK Kabupaten Tanbu Riza akhyari.S.Kom usai pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi diruang DLR Kantor Bupati, Rabu (2/8)

Menurutnya, dasar konsep ini dibuat berdasarkan harapan Pemerintah Daerah melalui pihak BLK, sehingga hadirnya lumbung Talenta, lebih meningkatkan kompetensi alumni, dengan tujuan mengisi pasar dunia  kerja yang dibutuhkan perusahaan.

“Lumbung Talenta itu hanya daerah kita yang memulai, itu akan dirancang lebih terprogram, demi meningkatkan kompetensi alumni BLK, diharapkan ini jadi percontohan bagi daerah lain,” ucapnya.

BACA JUGA :  Pasukan Brigade Damkar Dari SKPD Dilatih Penanganan Kebakaran Ringan 

Dia menambahkan, saat ini BLK sudah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan, sehingga setelah mereka selesai melalui uji kompetensi dengan pola magang, akhirnya BLK merekomendasikan peserta untuk magang ke perusahaan sasaran.

“Sebenarnya pola magang ini adalah pola rekrutmen uji coba, kalau mereka disana memiliki kemampuan dan kompetensi dan cocok dengan perusahaan itu maka mereka layak magang di perusahaan tersebut,” imbuhnya.

“Namun apabila perusahaan belum menerima, BLK punya mekanisme internal, justru dengan menggunakan workshop tekhnopark itulah jadi solusinya,” tutupnya. (MHL)

Baca Juga