Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. SMAN 1 Paringin Tampilkan Tari Nusantara di Pagelaran Karya P5

SMAN 1 Paringin Tampilkan Tari Nusantara di Pagelaran Karya P5

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, BALANGAN – SMAN 1 Paringin tampilkan tarian nusantara yang dikemas melalui Tari Profil Pelajar Pancasila pada pagelaran karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), berlangsung di halaman SMAN 1 Paringin, Paringin Selatan, Jumat (4/8/2023).

Adapun karya P5 yang digelar ini mengusung tema “Serasi Dalam Keberagaman, Selaras Dalam Ke Bhinekaan”.

Dalam karya P5 tersebut, nampak siswa dan siswi SMAN 1 Paringin menampilkan beraneka ragam karya seni mulai dari pakaian adat, lagu daerah, hingga tarian daerah.

Salah satu siswi SMAN 1 Paringin yang juga anggota tari P5, Asti Muharani, mengatakan persiapan puncak karya P5 ini sudah dilaksanakan sekitar tiga minggu.

BACA JUGA :  Bupati Balangan Hadiri Aruh Adat Baharin

“Untuk persiapannya tiga minggu, awal dimulainya pelajaran baru yang mana mengusung tema ke Bhinekaan, jadi tiga minggu itu menyusun tema apa yang akan diangkat pada P5 dikurikulum kemerdekaan tahun ini,” katanya.

Asti Muharani, mengharapkan dengan adanya P5 ini SMAN 1 Paringin dan sekolah lainnya bisa menerapkan kurikulum merdeka serta mampu berkontribusi dengan baik.

Sementara itu, Wakil Kepala SMAN 1 Paringin, Sandi, mengatakan pergelaran ini merupakan puncak dari tema Bhinneka Tunggal Ika yang dilaksanakan SMAN 1 Paringin.

BACA JUGA :  Raperda Disahkan, Balangan akan Rampingkan SKPD

“Dalam kurikulum merdeka memang ada 30% yang harus dilaksanakan yang namanya penguatan profil pelajar, sehingga SMAN 1 Paringin pada hari ini melaksanakan tema yang pertama yaitu Bhinneka Tunggal Ika, kebetulan pagi ini puncak pergelaran untuk tema tersebut,” katanya.

Sandi menuturkan melalui tema Bhinneka Tunggal Ika ini, keberagaman masyarakat Balangan yang tumbuh diharapkan tetap bersatu dan tidak ada terjadi perpecahan.

Baca Juga