Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Lestarikan Budaya, Pemkab Banjar Gelar Lomba Balogo

Lestarikan Budaya, Pemkab Banjar Gelar Lomba Balogo

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com MARTAPURA – Disaksikan oleh warga, sebanyak 50 regu ikuti lomba olahraga tradisional Balogo yang digelar oleh Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (PORTINA) Kabupaten Banjar bekerjasama dengan Persatuan Olahraga Balogo Seluruh Indonesia (Pergosi) Banjar serta Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Banjar.

Lomba tradisional balogo tersebut dibuka Bupati Banjar yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Rakhmad Dhani, di Jalan Kenanga, Martapura, Selasa (22/8/2023) pagi.

Dikatakan Rakhmad Dhani, permainan balogo tidak hanya memberikan kesenangan tetapi juga merupakan warisan budaya yang bernilai serta membawa filosofi yang luhur dari nenek moyang. Didalamnya ada nilai-nilai budaya seperti kejujuran, kerjasama dan sikap kerja keras.

BACA JUGA :  72 Tahun, KabupatenBanjar Terus Membangun

Lomba tersebut lanjut Rakhmad Dhani dalam rangka memeriahkan HUT ke 78 Kemerdekaan RI dan Hari Jadi ke 73 Kabupaten Banjar dengan harapan dapat dilestarikan dan menarik minat bagi generasi muda.

Sementara itu Plt Kepala Disbudporapar Banjar Irwan Jaya menjelaskan, peserta lomba balogo tersebut relatif sudah tua dan nantinya akan dikembangkan dengan melibatkan peserta dari anak muda atau pelajar.

BACA JUGA :  Reporter Kabupaten Banjar Bawa Sembako ke Rumah Kai Idang

” Lomba diikuti 50 Komunitas atau tim, setiap timnya berjumlah 3 orang, sehingga total peserta 150 orang,” rinci Irwan Jaya

Lomba yang terbuka se Kabupaten Banjar tersebut diikuti peserta dari beberapa kecamatan seperti Sungai Tabuk, Astambul dan kecamatan lainnya dengan total hadiah 4,5 juta rupiah

Baca Juga