1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Bunda PAUD Tanbu: Priode Emas Anak Harus Dicermati 

Bunda PAUD Tanbu: Priode Emas Anak Harus Dicermati 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Hj. Wahyu Windarti, yang juga menjabat sebagai Bunda PAUD Kabupaten Tanbu, dalam sambutannya, menekankan betapa pentingnya memberikan pendidikan yang optimal kepada anak-anak usia dini. 

“Seperti kita tahu, usia anak sejak lahir hingga enam tahun adalah periode emas, sehingga perlu memberikan rangsangan pendidikan yang optimal,” ujarnya.di Gedung Aula Yapisa, Desa Hidayah Makmur belum lama tadi.

Periode emas ini menjadi begitu penting karena otak anak-anak mengalami perkembangan pesat, mencapai hingga 80 persen, oleh karena itu, orang tua dan guru PAUD harus memahami betapa krusialnya momen ini dalam pembentukan potensi anak-anak.

“Pendidikan di usia dini adalah panduan untuk memastikan anak tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya. PAUD yang baik adalah yang mampu memberikan wahana permainan dan belajar yang merangsang perkembangan anak sesuai dengan tingkatnya,” tambah Hj. Wahyu Windarti.

BACA JUGA :  Dukung Gerakan Revolusi Hijau Pemkab Tanbu Bersama Kodim 1022 Tanam Pohon Serentak.

Dalam konteks ini, beberapa ciri-ciri PAUD yang ideal menjadi penekanan utama, menurut National Association for the Education of Young Children (NAEYC), ciri-ciri PAUD yang baik meliputi:

  1. Bermain Aktif: Anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain, baik secara kreatif maupun bersama teman-teman mereka, ini membantu perkembangan sosial dan kreativitas mereka.
  2. Kreativitas terpancar: Kelas PAUD sebaiknya dipenuhi dengan hasil karya anak-anak untuk menghiasi kelas, sehingga anak-anak merasa bangga dan termotivasi untuk berpartisipasi.
  3. Kurikulum Fleksibel: Kurikulum diadaptasi untuk mengakomodasi anak-anak yang belajar dengan cepat dan mereka yang membutuhkan bantuan tambahan, setiap anak memiliki cara belajar yang berbeda, dan pendekatan yang sesuai sangat diperlukan.
  4. Sarana dan Prasarana Berkualitas: Fasilitas yang baik akan menjadi penunjang pendidikan yang efektif untuk anak-anak di PAUD.
BACA JUGA :  Penyebaran Covid-19 Di Tanah Bumbu Mulai Melandai

Selanjutnya Hj. Wahyu Windarti berharap bahwa ciri-ciri PAUD ideal ini akan menjadi sumber motivasi dan inspirasi bagi PAUD di Kabupaten Tanbu. 

Dia percaya bahwa para guru PAUD akan selalu berusaha untuk menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak-anak.

“Kegiatan hari ini bukan hanya acara seremonial semata, tetapi lebih dari itu, saya berharap dapat di aplikasikan kepada peserta didik kita semua,” tutupnya.

Melalui acara ini, Kabupaten Tanbu menunjukkan komitmennya untuk memajukan PAUD dan memberikan pendidikan yang terbaik bagi generasi muda. 

Lomba Video Pembelajaran dan Lomba Tari Kreasi 5P menjadi bukti konkret bahwa PAUD di sini tidak hanya berbicara, tetapi juga bertindak untuk menciptakan masa depan yang cerah bagi anak-anak. (MHL)

Baca Juga