Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Pelaku UKM Tanbu Dibekali Ilmu Akses Permodalan 

Pelaku UKM Tanbu Dibekali Ilmu Akses Permodalan 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Sebanyak 30 peserta mengikuti pelatihan akses permodalan bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Kamis (5/10).

Pelatihan di gelar Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (Diskumdagri) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) di Guest House Sunrise, Kecamatan Simpang Empat.

Kepala Dinas Kumdagri Tanbu Hamaluddin Tahir melalui Kabid Konsumsi dan Usaha Mikro Erna Kalsum mengatakan, Pelatihan akses permodalan bagi pelaku UKM dalam rangka meningkatkan sumber daya dan pendapatan pelaku UKM di Bumi Bersujud.

Untuk peserta, sambung Erna, sebanyak 30 pelaku UKM di tujuh Kecamatan se-Tanbu, yaitu Kecamatan Kusan Hulu, Kusan Hilir, Kusan Tengah, Batulicin, Simpang Empat, Mantewe dan Karang Bintang.

BACA JUGA :  3 Raperda Pemkab Tsnah Bumbu Baru Disahkan

Dia mengatakan tujuan pelatihan untuk memberikan bimbingan, pengetahuan, dan wawasan bagi pelaku usaha kecil dan menengah.

Harapannya, melalui pelatihan ini, pelaku usaha di Tanbu dapat menggunakan modal serta mengelolanya dengan baik, karena modal usaha merupakan pondasi penting dalam mengembangkan usaha.

Narasumber pada pelatihan akses permodalan bagi pelaku UKM dari Perbankan yakni BSI dan Bank Kalsel, selain itu, juga dari Balai Pelatihan Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Kalimantan Selatan.

Staf Khusus Bupati Bidang Koperasi UMKM, H. Mamang menyampaikan, banyak UMKM saat ini bertumbuh kembang seperti jamur kemudian menghilang, hanya mengikuti trend yang terjadi tanpa bersungguh-sungguh.

BACA JUGA :  HAB Kemenag Dipusatkan Di Kantor Bupati 

Menurut Mamang, UMKM harus memiliki karakter usaha yang konsisten dan punya daya saing yang kuat.

Selain itu, Mamang berpesan agar administrasi keuangan usaha tidak bercampur dengan keuangan rumah tangga.

Sementara itu, Jamilatun salah satu peserta yang juga pelaku usaha mengatakan permodalan sangatlah penting untuk pengembangan.

“Saya mengikuti pelatihan ingin mencari ilmu dan menambah wawasan untuk bisa mengembangkan usaha serta sharing sebagai pelaku usaha,” kata Jamilatun. (MHL)

Baca Juga