Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kalsel
  4. »
  5. Uncle Hard Enduro 2023 Digeber, Puluhan Riders Dunia Unjuk Gigi…

Uncle Hard Enduro 2023 Digeber, Puluhan Riders Dunia Unjuk Gigi Taklukkan Jalur ‘Ganas’ Kiram Park

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, KIRAM – Uncle Hard Enduro 2023 resmi dibuka, Sabtu (18/11). Ajang bertarap internasional ini digeber di kawasan objek wisata alam Kiram Park, Karang Intan, Kabupaten Banjar.

Tak tanggung-tanggung, ajang yang dihelat selama berkali-kali di Kalsel itu sebagai penunjang untuk mengenalkan kepada dunia. Diajak lah media khusus untuk meliput kegiatan berlabel internasional.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, melalui Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kalsel, Muhammad Syarifuddin, mengaku terkesan. Terlebih, lewat ajang ini mampu menjadi daya tarik untuk berkunjung. Termasuk memikat sejumlah destinasi pariwisata.

Tambah dia, tak hanya berimbas positif terhadap pesonanya daya tarik alam yang disajikan. Melainkan, sektor perekonomian masyarakat sekitar ikut terdorong karena dikenal dari belahan dunia.

“Kita lihat Kiram ini, pesona wisata di lokasi ini sangat bagus. Memang tepat dijadikan tempat ajang-ajang berskala internasional,” ungkapnya, usai pembukaan mewakili Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

Uncle Hard Enduro 2023, menurut dia, Paman Birin selaku kepala daerah sangat mendukung. Buktinya, acara pemacu adrenalin ini sudah dilaksanakan ketiga kalinya, pertama dihelat tahun 2019 kemarin.

BACA JUGA :  RDP, AGM dan TCT Tak Ada Kesepakatan

“Gubernur berharap Uncle Enduro yang digelar berskala internasional itu, tahun berikutnya bisa lebih meriah dibanding ini,” bebernya.

Perlu diketahui, Internasional Uncle Hard Enduro 2023 dihelat selama tiga hari yakni mulai 17, 18 November. Dan ditutup resmi pada 19 November 2023.

Di acara, rider asal Bulgaria Teodor Kabakchiev Smilenov ternyata menjadi pembalap tanggung untuk dikalahkan riders lainnya. Ia mampu mencatatkan diri sebagai gelar jawara di sesi race 1.

Kendati lebih unggul, Teodor ternyata dibuntuti rider asal Afrika Selatan yakni Wade Young. Meski pun, rider kebangsaan Bulgaria ini sempat menyandang gelar juara di Uncle Hard Enduro tahun 2022.

Sementara, Ketua Panpel, Ashadi Aboe, menyampaikan, raja penggilas trek penakluk spesialis hutan belantara yang didapuk sebagai top dunia itu mampu menikmati setiap jalur yang dilalui.

“Kita berharap Uncle Hard Enduro menjadi tontonan yang menarik,” ungkapnya.

Ketua Pengda IOF Kalsel, Haryadi, berterima kasih kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang sepenuhnya memberikan dukungan pada ajang rutin tersebut. “Saya berharap perhelatab Uncle Hard Enduro ini berjalan lancar. Terkhusus kepada semua rider agar diberikan keselamatan,” harapnya.

BACA JUGA :  Paman Birin Kunjungi Petani di Desa Siang Gantung

Dilokasi perhelatan, rider kelas dunia yang tampil di qualifying dan sesi race 1 prolog nampak mudah melewati meski setiap trek cukup menantang. Mencengangkan lagi, jembatan dan tanjakan paman yang menjadi salah satu sekian sulitnya dilewati ternyata mampu dengan mudah ditundukkan.

Secara rinci, pembalap yang turut berpartisipasi digelaran Internasional Uncle Hard Enduro 2023, di Kiram Park, Kabupaten Banjar, di antaranya diikuti   Graham Peter Jarvis (England), Matthew Ross Green (South Afrika), Sonny Goggia (Italia), Dieter Rudolf (Austria) hingga Maichel Walker (Austria).

Selanjutnya, dua bersaudara yaitu Alfredo Gomez Cantero dan Sandra Gomez Cantero merupakan rider dari Spanyol. Kemudian, diikuti Niko Mateo Piazza rider asal Amerika, Teodor Smilenov K (Bulgaria) dan Wade Yuong (South Afrika).

Adv/Adpimprov Kalsel
Reporter : Riswan Surya
Editor      : Nasrullah

Baca Juga