Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Lipsus
  4. »
  5. Kaleidoskop Prestasi Kabupaten Banjar Tahun 2023

Kaleidoskop Prestasi Kabupaten Banjar Tahun 2023

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Kabupaten Banjar, di Provinsi Kalimantan Selatan, telah mencatatkan prestasi gemilang sepanjang tahun 2023. Dari bidang lingkungan, kesehatan, hingga pemberdayaan masyarakat, berbagai sektor telah mencatatkan pencapaian luar biasa yang membanggakan.

Pada awal tahun, Kabupaten Banjar menerima apresiasi tinggi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Penghargaan Adipura Tahun 2022 diberikan sebagai pengakuan atas kinerja unggul dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau wilayah kota.

Bulan Juli menjadi saksi persembahan ketabahan dan dedikasi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar, Hj Nurgita Tiyas. Manggala Karya Kencana dari BKKBN RI menjadi penanda keberhasilan dalam program pengendalian penduduk.

Agustus membawa pengakuan nasional dalam layanan kesehatan primer. Kabupaten Banjar mendapatkan penghargaan Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP) dari Kementerian Kesehatan RI, menunjukkan komitmen tinggi dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

Bulan September menandai ketangguhan dalam penerapan teknologi. Penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai Pemerintah Daerah yang berhasil menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik melalui aplikasi Sistem Kearsipan Dinamis dan Terintegrasi (SRIKANDI) menjadi prestasi yang luar biasa.

Prestasi tak kenal henti terus mengalir pada Oktober. Kabupaten Banjar meraih peringkat tertinggi dalam pemanfaatan Sistem Penghubung Layanan Pemerintah (SPLP) menandakan kesiapan dalam pelayanan publik.

Bulan November menjadi panggung bagi para pahlawan pendidikan dan perjuangan menghapus kemiskinan ekstrem. Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional 2023 serta Insentif Fiskal Kinerja dari Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menjadi sorotan utama.

BACA JUGA :  Kabupaten Banjar Bersiap Hadapi Evaluasi Pertama Smart City

Desember membawa kita pada perjalanan kota cerdas. Penghargaan Sertifikat Maturitas Pelayanan Perkotaan dari Kementerian Dalam Negeri menjadi tanda kematangan dalam menerapkan Smart City, sebuah capaian luar biasa di akhir tahun yang membanggakan.

Mari kita sambut tahun baru dengan rasa kebanggaan atas prestasi luar biasa Kabupaten Banjar. Kaleidoskop prestasi ini adalah cermin keberhasilan dan semangat untuk terus berkarya dalam mewujudkan masa depan yang lebih baik.

IMG 6425 750x43028129 1

Februari

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI memberikan Penghargaan Adipura Tahun 2022 kepada Kabupaten Banjar. Wakil Bupati Habib Idrus Al-Habsyie menerima Sertifikat Adipura atas prestasi dalam pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau wilayah kota tahun 2022.

PRO00268 1 scaled 1

Juli

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar, Hj Nurgita Tiyas, meraih penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN RI. Penghargaan ini diberikan atas dedikasinya terhadap program pengendalian penduduk.

Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, juga meraih penghargaan Manggala Karya Kencana karena berhasil mengurangi angka stunting secara signifikan.

IMG 20230831 WA0013 750x430 1

Agustus

Pemerintah Kabupaten Banjar menerima penghargaan Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP) dari Kementerian Kesehatan RI. Wakil Bupati Habib Idrus Al-Habsyie menerima penghargaan atas dukungan dalam pelaksanaan ILP sejak 2022.

September

Pemerintah Kabupaten Banjar meraih penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai Pemerintah Daerah yang berhasil menerapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik melalui aplikasi Sistem Kearsipan Dinamis dan Terintegrasi (SRIKANDI).

BACA JUGA :  Perawat Sempat Ada Rasa Takut saat Tangani Pasien Covid

Oktober

Pemerintah Kabupaten Banjar meraih peringkat kedua penghargaan dari Kementerian Kominfo RI dalam menerapkan pemanfaatan Sistem Penghubung Layanan Pemerintah (SPLP).

Kabupaten Banjar juga meraih penghargaan sebagai peringkat 1 capaian pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dan peringkat 1 capaian pelayanan KB Pasca Persalinan (KBPP) terbanyak pada kegiatan pekan pelayanan KB serentak tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

IMG 20231108 WA0040 750x430 1

November

Bunda PAUD Kabupaten Banjar, Hj Nurgita Tiyas, meraih penghargaan tertinggi dalam kategori Wiyata Dharma Utama pada Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional 2023.

WhatsApp Image 2023 11 09 at 21.00.29

Pemerintah Kabupaten Banjar menerima penghargaan nasional Insentif Fiskal Kinerja kategori Upaya Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem dari Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar menerima Penghargaan Perlindungan Konsumen Tahun 2023 untuk Kategori Pasar Tertib Ukur.

Kelurahan Mandarsari, Kecamatan Kertak Hanyar, Kabupaten Banjar, meraih penghargaan tingkat nasional Bebas Stunting 2023.

Pemerintah Kabupaten Banjar meraih penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) Tahun 2022 untuk ke-10 kalinya.

IMG 20231128 WA0049

Desember

Pemerintah Kabupaten Banjar mendapatkan penghargaan Sertifikat Maturitas Pelayanan Perkotaan dari Kementerian Dalam Negeri. Bupati Saidi Mansyur menerima sertifikat tersebut atas penerapan Smart City sejak tahun 2019.

Baca Juga