Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Politik
  4. »
  5. Panti Lansia di Martapura Punya TPS Lokasi Khusus

Panti Lansia di Martapura Punya TPS Lokasi Khusus

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
PPRSLU Budi Sejahtera di Landasan Ulin, Banjarbaru. Foto : Putri/Ist

Headline9.com, MARTAPURA – Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PPRSLU) Budi Sejahtera, memastikan keikutsertaan lansianya di Martapura, Kabupaten Banjar, dalam menyukseskan Pemilu 2024. Sebanyak 70 klien sudah tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan pemilihan tak lagi berbaur ke TPS terdekat. Melainkan, lansia di PPRSLU Budi Sejahtera yang ada di Martapura bakal ikut memilih di TPS lokasi khusus.

Kasubbag TU PPRSLU Budi Sejahtera, Ramadhanie Siswandy, mengatakan, dalam surat pengumuman yang dikeluarkan Ketua KPU Kabupaten Banjar, jumlah petugas yang ditunjuk sebanyak 9 orang. Yakni 7 orang sebagai KPPS dan 2 orang Linmas.

Ia berkata, pengusulan TPS lokasi khusus sebelumnya sudah diajukan ke KPU Kabupaten Banjar dua bulan yang lalu. Termasuk, yang fasilitas yang ada di Martapura.

“30 Desember 2023 lalu suratnya baru keluar. Sekitar dua bulanan lah sekaligus didata dan akhirnya keluarlah surat itu,” ujarnya, di ruang kerjanya, Senin (8/1/2024) siang.

Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PPRSLU) Budi Sejahtera milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel itu, memastikan hak suara lansia tetap diberikan pada 14 Februari 2024, menyusul sudah disetujuinya TPS lokasi khusus.

BACA JUGA :  Mardiono Klaim, Ada Dua Caleg PPP Di Kalsel Berpotensi ke Senanyan

Namun, pihaknya akan kembali mengupdate informasi lanjutan. Mengingat, kondisi beberapa lansia di Martapura juga ada yang mengalami sakit-sakitan.

“Kalau sehat itu kita arahkan ke TPS lokasi khusus. Sedangkan yang sakit petugasnya yang mendatangi mereka (lansia, red),” ucapnya.

“Laki-lakinya ada 27 orang dan perempuannya 40 orang itu yang didata sehat ya,” tambah Dhanie.

Sekadar diketahui, pelaksanaan Pemilu di 2024 merupakan kali pertama yang dilakukan klien mereka. Di mana, penunjukkan petugas pun langsung dari pegawai panti. Baik nantinya pencoblosan atau pun perhitungan.

Untuk mengoptimalkan, kinerja petugas KPPS dari panti mereka kembali diberi pembekalan terkait mekanisme dalam pelaksanaan pemilihan tahun 2024.

“Mereka nanti akan kembali diberikan materi agar prosesnya lancar,” tuturnya.

Terpisah, Komisioner KPU Kabupaten Banjar, Abdul Muthalib, membenarkan, adanya TPS khusus yang didirikan di Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PPRSLU) Budi Sejahtera menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

BACA JUGA :  Fawahisa ; Minta Politikus Jangan Kaitkan Kebijakan Dengan Pilkada Yang Telah Lalu.

“Iya betul, ada TPS lokasi khusus di tempat mereka,” ungkapnya.

Dari total pemilih TPS lokasi khusus di panti Martapura, Kabupaten Banjar, ada sebanyak 70 orang sebagai DPT. Sedangkan petugasnya ada 10 orang. “Jumlahnya keseluruhan ada 80 orang. Kalau petugas di sana 1 Ketua KPPS dan 9 orang anggota yang menghandle,”katanya.

Ditambahkannya, untuk penunjukkan ini mereka (petugas KPPS dari panti, red) juga mendapatkan insentif sama halnya seperti petugas lainnya saat pemilihan.

“Kalau ketua KPPS itu nilainya Rp1,2 juta dan anggotanya sama Rp1,1 juta,” ucapnya.

Tak hanya di Martapura, Kabupaten Banjar. TPS lokasi khusus juga didirkan di PPRSLU Budi Sejahtera di Landasan Ulin, Banjarbaru. Jumlah lansia di lokasi tersebut lebih banyak ketimbang yang ada di Martapura. Sehingga secara total keseluruhan yang dibina sebanyak 180 orang klen lanjut usia (lansia).

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga