Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Dinsos Kalsel Siapkan Puluhan Ribu Makanan Siap Saji Untuk Jamaah…

Dinsos Kalsel Siapkan Puluhan Ribu Makanan Siap Saji Untuk Jamaah Haul Guru Sekumpul

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Dinas Sosial (Dinsos) Kalsel setidaknya menyiapkan 10.000 porsi makanan siap saji untuk menjamu jamaah haul Guru Sekumpul ke-19 tahun 2024, yang datang dari berbagai daerah.

Saat dikonfirmasi, Kabid Penanganan Bencana Dinsos Kalsel, Achmadi, menjelaskan, puluhan ribu porsi makanan yang disediakan tim dapur umumnya itu setidaknya mereka membutuhkan beras sebanyak 2 ton lebih.

“Sekitaran itu lah dan dapur umumnya kita dirikan hari ini (Jumat, red) sampai senin, 15 Januari 2024,” ungkapnya, Jumat (12/1/2024) siang.

Sebelumnya, dia yang ditunjuk lagi sebagai korlap dapur umum Dinsos Kalsel untuk haul Guru Sekumpul, menjelaskan, tahun lalu (haul ke-18), pihaknya menyediakan makanan siap saji sebanyak 7.500 porsi.

BACA JUGA :  Kayu Apu Jadi Gulma Pertanian di Martapura Timur, Kabupaten Banjar

“Tahun ini kita sediakan 10.000 porsi,” ucapnya.

Selain beras, ia membeberkan, untuk lauk yang disiapkan bervariasi. “Seperti biasa, kami sediakan ayam dan telur,” bebernya.

Didapur umum sendiri, pihaknya tak melulu menyiapkan nasi dan lauk. Melainkan, juga menyediakan aneka gorengan.

“Semoga ini bisa dinikmati jamaah haul Guru Sekumpul,” katanya.

Kendati demikian, bilamana porsi masih belum cukup untuk jamaah haul, Madi (sapaan akrab) menjawab, “kita tambah lagi,” ucapnya.

“Yang jelas, kita sesuai kebutuhan. Berapa pun kita penuhi,” tambahnya.

Untuk lokasi dapur umum sendiri, kata Madi, berada di Panti Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (PPRSLU) Budi Sejahtera Martapura (eks Tresna Werdha, red).

BACA JUGA :  Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul 2019 : Kombain Peta Jalur dan Bersih dari Atribut Politik dan

“Tak jauh dari pelaksanaan haul. Pantinya itu terletak di jalan poros utama Ahmad Yani, Kilometer (KM) 38, No 28 Sekumpul, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar,” bebernya.

Dia berkata, untuk kesiapannya sudah di atas 90 persen. Bahkan, unit dapur milik Taruna Siaga Bencana (Tagana) sudah dikerahkan menuju lokasi dapur umum.

“Tenda sudah kita pasang mulai pagi tadi di kawasan panti Martapura,” tutupnya.

Sekadar diketahui, untuk tim dapur umum Dinsos Kalsel menerjunkan relawan seluruhnya 200 orang. Terdiri dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kalsel dan jajaran pegawai PPRSLU Budi Sejahtera unit Martapura.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga