Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Bak Lautan Manusia, Haul Guru Sekumpul ke-19 Dihadiri 3,3 Juta…

Bak Lautan Manusia, Haul Guru Sekumpul ke-19 Dihadiri 3,3 Juta Lebih Jemaah: Terjauh Negeri Jiran Malaysia

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Jumlah lawatan jemaah yang hadir dalam pelaksanaan haul Guru Sekumpul ke-19 diperkirakan mencapai lebih dari 3,3 juta orang. Tak hanya dalam negeri saja, kabarnya jemaah dari luar negara juga datang untuk mengikuti serangkaian acara tahun ini.

Hal ini diungkapkan Kapolres Banjar, AKBP Ifan Hariyat Taufik, usai digelarnya haul Guru Sekumpul ke-19, di lokasi pos pantau lalu lintas Satlantas Polres Banjar, di simpang empat Sekumpul, Kilometer (KM) 38,5, Martapura, Kabupaten Banjar, Minggu (14/1/2024) tadi malam.

Ia menyebut, data yang diterima pihaknya melalui server selular aktif.

Patokan untuk rekap perhitungan jumlah jemaah kala itu dimulai dari siang hingga malam hari selesai pelaksanaan.

“Maksudnya selular itu adalah nomor yang aktif digunakan jemaah haul,”ujarnya, kepada sejumlah awak media.

Ia menyampaikan, total jemaah dari berbagai penjuru daerah yang hadir menjelang sampai pelaksanaan digelarnya haul jumlahnya mencapai 3.320.000 orang.

BACA JUGA :  Pelaksana Galian Pipa ke Bahu Jalan. PUPR Minta Kembalikan Seperti Semula, PDAM Berjanji Memperbaiki

“Jumlah jemaah kurang lebih kami perkiraan sekitar itu lah. Dari Sekumpul sampai seterusnya kita cari,” ucapnya.

Dari jumlah itu, ia sebelumnya, merincikan jumlah moda transportasi yang digunakan jemaah haul Guru Sekumpul untuk sampai ke lokasi.

“Kami datakan dari jumlah bus dari 15 titik mencapai 601 unit, mobil dari 196 titik sekitar 151.119 unit, kendaraan roda dua sebanyak 1.000.294 unit dari 387 titik, dan kapal (klotok) yang diinventarisir sekitar 533 unit,” rincinya. Apabila ditotalkan mencapai 1.152.547 unit moda transportasi yang digunakan.

Sebelumnya, Kapolda Kalsel, Irjen Pol Winarto, saat memantau lokasi kegiatan, ia menyebut, jumlah jemaah yang hadir pukul 14.00 Wita di lokasi tersebut hingga meluber ke sejumlah ruas jalan Sekumpul Martapura diperkirakan telah mencapai 2,5 juta jemaah.

BACA JUGA :  Sekretariat Daerah Kabupaten Banjar Gelar Outbond, Untuk Tingkatkan Kekompakan.

“Pantauan kami jumlah jemaah diperkirakan mencapai 2,5 juta,” ungkapnya.

Sedangkan, total personel yang dikerahkan di lapangan pada pelaksanaan haul seluruhnya berjumlah 1.500 orang. “Untuk tenaga relawan mencapai 2.500 orang,” tuturnya.

Jelang pelaksanaan haul Guru Sekumpul ke- 19, petugas penginapan di Tunggu Irang Ulu, Martapura menyebut, selain menampung jemaah dalam negeri. Pada Momen itu, jemaah asal negeri jiran, Malaysia, turut hadir.

Buktinya, penginapan gratis yang disediakan mereka di SDN Tunggul Irang Ulu, Kecamatan Martapura, Kabupaten Banjar itu menampung jemah dari negara tersebut.

“Yang sudah terdaftar itu ada dari jemaah Jakarta, Semarang dan paling jauh dari Malaysia,” beber Aan, koordinator lapangan (korlap) penginapan SDN Tunggul Irang Ulu.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga