Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Ribuan Ton Sampah Pasca Haul, Kadis PRKPLH Kabupaten Banjar :…

Ribuan Ton Sampah Pasca Haul, Kadis PRKPLH Kabupaten Banjar : Tuntas 100 Persen

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
Headline9.com
Ribuan ton sampah yang diangkut relawan dan petugas kebersihan di TPA milik Pemkab Banjar, Rabu (17/1/2024).

Headline9.com, MARTAPURA – Pasca pelaksanaan haul Guru Sekumpul ke- 19, di Martapura, setidaknya sampah yang dibereskan petugas dan relawan kebersihan sebanyak 1.250 ton.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Banjar, Akhmad Bayhaqie, mengungkapkan, dari ribuan ton sampah yang sudah diangkut itu pihaknya sudah menerjunkan petugas kebersihan sebanyak 250 orang. Ditambah fasilitas pendukung dan relawan lainnya.

“Kami juga dibantu Pemkot Banjarmasin, Banjarbaru, Pemkab Tanah Laut, relawan gasak, armada pribadi dan pondok Gambut,” ujarnya, kepada sejumlah awak media, Rabu (17/1/2024).

BACA JUGA :  Ratusan Ribu Jemaah Terus Memadati Sekumpul

Sampah-sampah yang berhasil dikumpulkan dan diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA) itu diklaim sudah 100 persen diselesaikan. Mereka juga dibantu dengan sejumlah tim relawan gabungan kebersihan lainnya.

Sarana pendukung dalam menunjang pembersihan pasca haul tersebut, pihaknya menurunkan sebanyak 84 unit armada berbagai jenis kendaraan mulai roda enam, empat, dan juga tiga.

BACA JUGA :  Pemkab Banjar Siapkan Ratusan Tandon Air Untuk Haul ke-19 Guru Sekumpul

“Di antaranya dump truk 21 unit, arm roll roda enam 21 unit, kendaraan roda empat 6 unit, roda tiga 30 unit. Sementara dari BLUD/Tpa yang disediakan arm roll, sweeper dan mini exa,” ucapnya.

Di mana pada pukul 10.00 Wita kemarin, pihaknya sudah menuntaskan pengangkutan sampah pasca haulan tersebut. “Setelah rampung stokpile sampah sudah kami tutup,” tukas Bayhaqie.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga