Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. DPRD KALSEL
  4. »
  5. Komisi IV DPRD Kalsel Monitoring Penggunaan Dana Hibah ke Mts…

Komisi IV DPRD Kalsel Monitoring Penggunaan Dana Hibah ke Mts Ar-Raudlah Tanta

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
Suasana Monitoring Komisi IV DPRD Kalsel ke Mts Ar-Raudlah Tanta, Tabalong. (Dok. Humas DPRD Kalsel)

Headline9.com, TANJUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) kembali melakukan monitoring pemanfaatan dana hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel kepada lembaga-lembaga pendidikan keagamaan di Kalsel.

Dalam kesempatan ini, rombongan Komisi IV DPRD Kalsel yang dipimpin Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Muhammad Lutfi Saifuddin meninjau ke Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ar-Raudlah Tanta di Kabupaten Tabalong, Rabu (03/01/2024).

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Gina Mariati mengatakan dari hasil monitoring ke beberapa sekolah dan madrasah, pihaknya menemukan ada beberapa bangunan hasil bantuan dana hibah yang belum tuntas pengerjaannya.

“Seperti di MTs Ar Raudlah, kami melihat dana hibah digunakan untuk pembangunan ruang kelas baru, namun belum bisa digunakan karena bangunan belum sempurna, karena belum dilengkapi jendela dan pintu,” jelasnya.

Hal tersebut, menurut Gina, disebabkan terbatasnya anggaran yang disetujui oleh Pemerintah Provinsi Kalsel sehingga pada akhirnya bangunan tersebut tidak dapat digunakan dan dimanfaatkan secara maksimal oleh pihak sekolah.

BACA JUGA :  Komisi IV DPRD Kalsel Konsultasi ke Kemendagri Terkait Penyusunan Raperda Pembangunan Kependudukan

“Dana yang disetujui besaran anggarannya hanya sebesar 50 persen dari usulan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang diajukan oleh pihak sekolah. Jadi meskipun secara administrasi telah selesai, namun hasilnya belum bisa dimanfaatkan karena masih banyak kekurangan sehingga terkesan terbengkalai,” terangnya.

Oleh karena itu, menurut Gina, Dewan Kalsel berkomitmen untuk membantu lembaga-lembaga pendidikan keagamaan yang masih terkendala dalam memaksimalkan pemanfaatan dana hibah agar mendapatkan kucuran dana hibah kembali guna penyempurnaan pembangunan gedung atau ruang kelas baru.

“Kami dari Komisi IV nanti berusaha, memang untuk dana hibah itu tidak bisa setiap tahun untuk mendapatkan dana hibah tersebut, tapi kami berkomitmen kepada madrasyah-madrasyah yang kami bantu, mudah-mudahan bisa mendapatkan dana hibah ke depannya lagi,” harapnya.

Sebelumnya, Wakil Kepala Sekolah Mts Ar Raudlah Tanta, Mahjuwita, mengucapkan terimakasih atas perhatian Komisi IV DPRD Kalsel terhadap peningkatan kualitas pendidikan keagamaan di sekolahnya.

BACA JUGA :  Program renovasi RTLH Disperkim Diganjar Pujian Komisi III DPRD Kalse

Namun dirinya juga memohon maaf karena pihaknya belum bisa menggunakan ruang kelas hasil bantuan dana hibah Pemprov Kalsel tersebut secara maksimal karena hasil pembangunannya yang belum sempurna.

Mahjuwita mengungkapkan dari usulan biaya pembangunan yang diajukan sebesar Rp100 juta hanya disetujui sekitar Rp50 juta oleh Pemprov Kalsel sehingga pihaknya harus merubah Rencana Anggaran Biaya (RAB). Akibatnya pembangunan ruang kelas tersebut selesai namun tidak sempurna dan belum bisa dimanfaatkan secara maksimal.

“Untuk itu, dalam kesempatan ini, saya kembali memohon bantuan kepada Komisi IV agar dapat memperjuangkan kembali dana hibah di tahun 2024. Sehingga pembangunan ruang kelas tersebut dapat segera kami rampungkan dan bisa secepatnya kami manfaatkan guna menunjang kelancaran proses belajar mengajar di madrasyah ini,” harapnya.
(Advertorial-HUMAS DPRD Kalsel)

Editor : Nasrullah

Baca Juga