Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kalsel
  4. »
  5. Sembilan Keberhasilan Emas Dinas PMD Kalsel Membangun Desa Selama 2023

Sembilan Keberhasilan Emas Dinas PMD Kalsel Membangun Desa Selama 2023

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Selama tahun 2023, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalimantan Selatan (Kalsel) telah banyak menorehkan berbagai prestasi dan keberhasilan.

Di mana torehan prestasi itu tak hanya diperlihatkan mereka ditingkat Kalsel saja, melainkan juga kancah nasional. Hal itu pun mendapat apresiasi dari orang nomor di Kalsel, yakni Gubernur, Sahbiri Noor.

Namun, Kadis PMD Kalsel, Faried Fakhmansyah pernah bilang, keberhasilan yang telah dicapai itu diakuinya tidak lepas dari kolaborasi antar jajarannya di Dinas PMD Kalsel.

“Yang jelas, ini adalah hasil kerja keras bersama selama 2023,” ungkapnya.

Berikut keberhasilan dari implementasi program kerja keras yang dilaksanakan Dinas PMD Kalsel untuk banua ditingkat nasional :

  1. Mampu Dongkrak Pertumbuhan BUMDes di Kalsel Melebihi Angka Nasional

Pertumbuhan BUMDes di Bumi Antasari sudah berjumlah 1.705 unit dari 1.864 desa. Bahkan, secara capaian sudah berada dikisaran 91%. Angka ini pun bisa dibilang kalau Dinas PMD Kalsel telah berhasil mengejar lebih tinggi dari pada persentase nasional dengan angka sebesar 66%.

  1. Indeks Desa Membangun (IDM) di Kalsel Melebihi Target Nasional

Dengan keseriusan dilakukan Dinas PMD Kalsel yang didukung penuh Gubernur Kalsel Sahbirin Noor membawa realisasi IDM diangka sudah melampui rata-rata nasional sekitar 0,69%.

Berkat kerjasama yang sangat baik antara pemerintah kabupaten dan provinsi. IDM Kalsel tahun 2023 setidaknya membubung tinggi diangka 0,74% dan masuk kategori MAJU.

  1. Kalsel Terbaik Kedua Nasional Lomba Tingkat Desa/Kelurahan
BACA JUGA :  BREAKING NEWS: Pengundian Nomor Urut Telah Dilaksanakan, Ini Nomor Paslon di Pilkada Kota Banjarbaru 2020

Tahun 2022 lalu, Kalsel didapuk terbaik ke 2 nasional dalam gelaran lomba desa/kelurahan. Hal ini justru membawa nama Bumi Antasari semakin diperhitungkan seiring dengan berbagai inovasi dan sinergi yang dilakukan terus dijalankan.

  1. Dinas PMD Kalsel Boyong Penghargaan BHUMANDALA AWARD 2023 Di Bali

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) berhasil membawa prestasi Kalsel ditingkat nasional. Mereka didaulat sebagai terbaik ke III (ketiga) dalam penyelenggaraan anugerah Bhumandala Award Tahun 2023.

Bhumandala Award yang dihadiri Pemda tingkat provinsi se Indonesia itu digelar di Discovery Kartika Plaza Hotel, Kuta Bali, Senin (6/11) lalu. Dinas PMD Kalsel sendiri berhasil memboyong penghargaan Bhumandala Ariti Award (perunggu) yang diserahkan langsung oleh Badan Informasi Geospasial (BIG) Republik Indonesia.

  1. Dinas PMD Kalsel Didapuk Peringkat I Dengan Tingkat Partisipasi Peserta Tertinggi Oleh Kemendagri RI

Kegiatan yang terhitung mulai 17 September – 17 November 2023 lalu setidaknya ada 6.744 orang tercatat turut berpartisipasi. Meski ditargetkan 6.888 peserta, namun, capaiannya sudah dianggap berhasil dengan menuai realisasi 98,14%.

Tak hanya itu, pihaknya juga mendapat apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dirjeni Bina Pemdes atas keberhasilannya menjaring peserta terbanyak dalam peningkatan kapasitas bagi pemerintahan desa se Kalsel.

  1. Tahun 2023, Dinas PMD Kalsel Berhasil Dorong Kenaikan Status Desa

Dari 1.871 desa di Kalsel tersebar di 154 kecamatan dan 144 kelurahan, setidaknya tahun 2023 kemarin pihaknya sudah menggenjot beberapa langkah strategis terbaik.

BACA JUGA :  Penampilan Memukau 500 Karateka Banua pada Peringatan HUT TNI ke-78

Data terbaru menunjukkan jumlah desa maju sudah mencapai 1.074 desa dan 678 desa berkembang. Secara persentase angka ini tercapai 200%.

Meski diakui masih tersisa dua desa yang berstatus tertinggal. Namun, itu akan dituntaskan pihaknya tahun 2024.

  1. Dinas PMD Kalsel Berhasil Raih Predikat Pertama Kategori SKPD 2023

Dinas PMD Kalsel berhasil meraih keberhasilan ditingkat organisasi perangkat daerah (OPD) dengan predikat terbaik pertama. Hasil ini berdasarkan pengawasan kearsipan tahun 2019, 2021, dan 2022. Keberhasilan berbentuk piagam tersebut langsung ditandatangani orang satu di banua, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor.

  1. Berikan Keterampilan Kader PKK se Kalsel 2023

Berlangsung selama 4 hari mulai 13 – 16 November 2023. Mengusung tema ‘Kader PKK Kreatif dan Inovatif, Mewujudkan Keluarga Sehat, Cerdas, dan Berdaya Menuju Indonesia Maju’. Kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 137 orang terdiri dari 33 orang pengurus TP PKK Kalsel dan 104 orang seluruhnya dari kabupaten/kota.

  1. TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sukses Di Kawal

Setidaknya program antara pemerintah dengan instansi vertikal rupanya terus berjalan beriringan. Ditambah sinerginya yang kuat serta komitmen yang menjadi dorongan semangat dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Setidaknya 11 kabupaten di Kalsel dari tahun ke tahun untuk akses desa sudah terbangun. Baik infrastruktur jalan desa, fasilitas umum desa, dan kebutuhan sanitasi (toilet umum).

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga