Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kapuas
  4. »
  5. Pemkab Kapuas Gelar Pencanangan Korespondensi Bebas Kertas GNSTA

Pemkab Kapuas Gelar Pencanangan Korespondensi Bebas Kertas GNSTA

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kapuas melaksanakan Pencanangan Korespondensi Bebas Kertas, Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip dan Pengukuhan Bunda Literasi Kecamatan, bertempat di Hall Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Senin (22/1/2024).

Dalam laporannya Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kapuas, Suwarno Muriyat mengatakan maksud kegiatan Gerakan Nasional Sadar Tertb Arsip (GNSTA) membangun kesadaran lembaga negara, penyelenggara pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan dan perseorangan terhadap pentingnya mengelola arsip, khususnya yang terkait dengan arsip yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Tujuan dengan GNSTA akan terwujudnya 6 tertib yaitu Tertib Kebijakan, Tertib Organisasi, Tertib Sumber Daya Manusia Kearsipan, Tertib Prasarana dan Sarana Kearsipan, Tertib Pengelolaan Arsip, dan Tertib Pendanaan pada seluruh unit pencipta arsip di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas,” kata Suwarno.

img 20240122 wa01086726261263710677993

Suwarno menambahkan bahwa pelaksanaan kegiatan Pencanangan GNSTA akan terwujud penciptaan naskah dinas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, penggunaan aplikasi SRIKANDI, pemberkasan arsip aktif disetiap unit pencipta arsip, pelaksanaan program arsip vital dan arsip terjaga, melakukan pemindahan arsip inaktif secara berkala, melakukan pemusnahan arsip arsip yang telah habis masa retensinya sesuai JRA, melakukan pengawasan kearsipan.

BACA JUGA :  Sekda Kapuas Pimpin Rapat Evaluasi KLA Kabupaten Kapuas

Menurutnya, di era digitalisasi sekarang mau tidak mau harus mentransformasikan diri dari pengelolaan manual ke digital untuk kecepatan, keakuratan dan ketepatan informasi untuk mendukung pelayanan masyarakat.

Apalagi, pemerintah pusat sudah menetapkan Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis untuk mendukung penyelenggaraan kearsipan dinamis yaitu Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) yang harus digunakan di Kabupaten Kapuas.”Kami mohon dukungan semua pihak terutama dari OPD untuk bisa berjalan dengan baik,” tuturnya.

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi dalam sambutannya mengatakan, Paradigma Perpustakaan tidak lagi hanya menjadi Gudang buku, tetapi harus mampu memberdayakan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraannya melalui layanan yang selaras dengan kebutuhan masyarakat serta kuatnya komitmen stakeholder sepanjang hayat.

Selain hal tersebut, Erlin Hardi menambahkan ada beberapa factor penting dalam mengelola perpustakaan yakni, tempat, koleksi/pengelola dan kegiatan perpustakaan (menemukan keterkaitan yang erat antara bacaan dan aktivitas keseharian).

BACA JUGA :  Kelurahan Selat Utara Gelar Jumat Bersih

“Saya juga ingin menyampaikan beberapa pesan untuk menjadi perhatian kita bersama yakni, tingkatkan sinergi, inovasi dan implementasi yang adaptif dengan teknologi dan informatika guna mempercepat bangkitnya Kabupaten Kapuas, Kelola arsip untuk menyelamatkan bangsa dan layanan perpustakaan yang bertransformasi berbasis inklusi sosial agar mensejahterakan masyarakat. Serta tingkatkan peran Bunda Literasi untuk menyukseskan program menumbuhkembangkan kegemaran membaca dilingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat,” tegas Erlin Hardi.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Kapuas, Kepala Disarputaka Kabupaten Kapuas Dr H Suwarno Muriyat, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Kapuas, Camat se Kabupaten Kapuas serta tamu undangan lainnya.

Selain Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) dan Pengukuhan Bunda Literasi, dilakukan pemberian penghargaan terhadap hasil pengawasan kearsipan internal dilingkungan Pemerintah Daerah Kapuas pada tahun 2023. ()

Baca Juga