Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Jaring Aspirasi, Pemkab Banjar Gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal…

Jaring Aspirasi, Pemkab Banjar Gelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2025

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar menggelar Forum Konsultasi Publik untuk membahas rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025.

Forum ini diadakan dengan tujuan untuk mendapatkan masukan dan aspirasi dari pemangku kepentingan serta masyarakat dalam merumuskan prioritas dan sasaran pembangunan di tahun 2025.

Sekretaris Daerah (Sekda) Banjar, HM Hilman, dalam pembukaan forum tersebut menyampaikan bahwa RKPD merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Banjar tahun 2021-2026. RKPD ini akan memuat kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan, rencana kerja, dan pendanaan untuk satu tahun ke depan.

BACA JUGA :  Berikut Daftar Pondok Pesantren yang Meramaikan Hari Santri Nasional Kabupaten Banjar 2018

“Hal ini dilakukan secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan terkait pembangunan daerah,” ujar HM Hilman.

Hilman juga menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam merencanakan pembangunan daerah. Forum ini menjadi sarana untuk memberdayakan masyarakat agar dapat berperan aktif dalam proses pengambilan keputusan.

“Dalam forum ini, masyarakat dapat memberikan sumbangan pemikiran yang akan disesuaikan dengan kebijakan dan program pembangunan daerah,” tambah Hilman.

BACA JUGA :  Terkendala Akses, Bidang Bina Marga Minta Warga Untuk Bersabar.

Pemerintah berharap hasil dari konsultasi publik ini dapat menjadi acuan bagi seluruh pemangku kepentingan dalam menyusun dan melaksanakan RKPD dengan keterkaitan dan konsistensi yang baik.

Turut hadir dalam forum ini adalah para Asisten dan Staf Ahli Bupati, kepala SKPD, camat, perwakilan Kementerian Agama, BPS, BPN, pimpinan perguruan tinggi, akademisi, organisasi profesi, serta pimpinan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Banjar.

Baca Juga