Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. advertorial2
  4. »
  5. Hampir Dua Tahun Menjabat, Ini Keberhasilan Kadis PMD Kalsel

Hampir Dua Tahun Menjabat, Ini Keberhasilan Kadis PMD Kalsel

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Ada keberhasilan yang dibawa, Faried Fakhmansyah, selama menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kalsel yang sudah berjalan hampir dua tahun (2022 – 2023).

Ia mencatat, sejarah baru dalam membangun desa di banua. Mulanya, desa berstatus maju hanya 398 desa, tapi kini berhasil menambah jumlahnya menjadi 1.074 desa.

“Kinerja utama Dinas PMD adalah meningkatkan jumlah desa mandiri dan menghilangkan status desa tertinggal serta pelayanan kepada pemerintahan,” ujarnya, Senin (29/1/2024).

Ia membeberkan, sejak digenjotnya sejumlah program unggulan mereka sudah mencatat sebagian desa juga mengalami peningkatan status dari berkembang menjadi desa mandiri.

“Desa mandiri bertambah dari 28 desa menjadi 294 desa, sedangkan desa berkembang otomatis berkurang dari 1.334 desa menjadi 501 desa karena sudah menjadi desa mandiri dan maju,” kata dia.

BACA JUGA :  Sekda Tanbu dan Pimpinan SKPD Dengarkan Pemandangan Umum Fraksi DPRD Terhadap Raperda RPJMD Tahun 2021-2026

Demikian juga desa dengan status tertinggal yang ikut berkurang, sebelumbya berjumlah 28 desa kini tersisa 2 desa. Sehingga, desa berstatus sangat tertinggal pada 2024 diharapkan sudah tidak ada lagi.

Faried juga membeberkan keberhasilan bersama tim teknis bidangnya. Di mana, pencapaian Dinas PMD Kalsel, dalam meningkatkan Indeks Desa Membangun (IDM) selama dia memimpin terhitung sejak 25 Februari 2022 mengalami peningkatan dari 0,64 menjadi 0,74.

“Jadi selama hampir dua tahun penyelenggaraan pemerintahan di Kalsel, kelas IDM kita berubah dari berkembang menjadi maju sejajar dengan IDM provinsi-provinsi di Pulau Jawa,” terangnya.

Tak hanya itu, ia menyampaikan sederet prestasi membanggakan selama 2023 yang diraih Dinas PMD Kalsel, di antaranya pada tingkat nasional peringkat 1 Kepesertaan Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD), juara lomba tingkat kelurahan yang sebelumnya belum pernah diraih kini meraih juara BUMDesa kategori cepat tumbuh.

BACA JUGA :  Jembatan Darurat Desa Lasung , Warga Satiung Tak Terisolir.

Dinas PMD Kalsel juga meraih peringkat 1 ‘baik’ untuk Pengelolaan Kearsipan di lingkup SKPD Pemprov Kalsel pada 2023 dan penghargaan Bhumandala Award untuk kategori Inovasi Dalam Pemanfaatan Informasi Geospasial dalam kebijakan penetapan batas desa dan kelurahan.

Tentu, dirinya pun berharap pencapaian prestasi ini bisa dipertahankan dengan terus berbenah dan evaluasi. Tak lupa, Faried mengucapkan terima kasih atas kinerja para staf DPMD.

“Keberhasilan ini merupakan hasil dari kinerja kita semua,” tukasnya. (Adv/Eddy-DMPDKalsel/brt05)

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga