Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. DPRD KALSEL
  4. »
  5. Komisi II DPRD Kalsel Kunjungi Tabalong, Bahas Potensi Ekonomi Daerah…

Komisi II DPRD Kalsel Kunjungi Tabalong, Bahas Potensi Ekonomi Daerah Perbatasan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, TABALONG – Bahas potensi ekonomi di daerah perbatasan, Komisi II DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mengunjungi Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Tabalong, Senin, (12/02/24) pagi.

Tabalong merupakan salah satu kabupaten terluar di Kalsel dan pintu gerbang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Kami ingin melihat langsung perkembangan ekonomi di Tabalong, yang memiliki posisi strategis sebagai daerah perbatasan dan mitra IKN,” kata Dr. H. Karlie Hanafi Kalianda, S.H., M.H., anggota Komisi II DPRD Kalsel yang memimpin rombongan.

Rombongan diterima oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tabalong, Pebriadin Hapiz, yang menyampaikan berbagai capaian dan tantangan yang dihadapi oleh Tabalong. Salah satu capaian yang disoroti adalah peran Tabalong sebagai penyuplai produk hortikultura ke IKN, dengan volume 2,5 ton per hari. Program ini didukung oleh subsidi transportasi dari pemerintah Tabalong.

BACA JUGA :  Kalsel Mampu Kendali Inflasi, DPRD Jatim Terkesan Hingga Sharing ke Komisi II DPRD Kalsel

“Ini adalah prestasi yang membanggakan bagi Tabalong, karena kami dapat berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan pangan IKN. Kami mendapat bantuan dari pemerintah daerah untuk mengangkut produk hortikultura kami ke IKN, sehingga program ini dapat berjalan dengan lancar,” jelas Pebriadin Hapiz.

Komisi II DPRD Kalsel mengapresiasi prestasi Tabalong tersebut, dan berharap dapat terus ditingkatkan. Mereka juga berkomitmen untuk mendukung dan berkolaborasi dengan pemerintah Tabalong dalam meningkatkan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami terkesan dengan capaian Tabalong, dan kami berharap ini menjadi motivasi untuk terus mengoptimalkan potensi ekonomi daerah. Kami siap bekerja sama dengan pemerintah Tabalong untuk memajukan sektor ekonomi dan keuangan, terutama di daerah perbatasan yang memiliki peluang besar seperti Tabalong,” tutur Dr. H. Karlie Hanafi Kalianda, S.H., M.H.

BACA JUGA :  Tim Komisi I DPRD Kalsel Pantau Persiapan Pemilu 2024 di Barito Kuala

Kunjungan ini tidak hanya bertujuan untuk berdialog, tetapi juga untuk mendorong sinergi antara pemerintah provinsi dan kabupaten dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada di daerah perbatasan, termasuk yang berkaitan dengan aset dan administrasi. Permasalahan tersebut akan dikoordinasikan dengan Komisi I DPRD Kalsel yang bertanggung jawab atas bidang hukum dan pemerintahan.

Pebriadin Hapiz mengucapkan terima kasih atas kunjungan Komisi II DPRD Kalsel. Ia merasa senang dapat berbagi informasi tentang perkembangan dan permasalahan Tabalong. Ia berharap kunjungan ini dapat membawa dampak positif bagi Tabalong dan Kalsel.

Baca Juga