Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Tutup BK3N, PT BIB Fokus Tingkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Tutup BK3N, PT BIB Fokus Tingkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau yang dikenal K3 adalah salah satu aspek penting dan merupakan hak dasar dari setiap pekerja yang patut dipenuhi dan disadari oleh semua pihak.

Sebulan lamanya Peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2024, telah dilaksanakan oleh Perusahaan PT Borneo Indobara (BIB) bersama mitra kerjanya, dan kini menggelar acara puncak sekaligus penutup rangkaian kegiatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional (BK3N) tahun 2024. Sabtu (24/2/2024) diarea kantor BIB Angsana.

Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Perusahaan dalam penerapan K3 dan partisifasi aktif mendukung program Kemetrian Ketenagakerjaan dalam memasyarakatkan K3.

Ketua Panitia Ruben Laurensus Barimbing dalam laporan singkatnya, menyampaikan, bahwa seluruh mitra kerja telah melaksanakan berbagai rangkain acara untuk memperingati BK3N 2024.

“Agenda BK3N ini menjadi momentum untuk mengingatkan kita akan pentingnya K3 guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif, saya mengapresiasi mitra kerja dan semua pihak sehingga BK3N 2024 berjalan sukses,” pungkas Ruben.

Ruben juga mengucapkan terimakasih kepada KTT yang sudah banyak memberikan arahan dan support, sehingga kegiatan K3 terlaksana sesuai rencana, aman dan selamat.

Sementara Kepala Teknik Tambang (KTT), Riadi Simka Pinem dalam sambutanya menyampaikan, rasa syukur karena peringatan bulan K3 Nasional 2024 yang dimulai sejak 12 januari 2024 hingga pebruari 2024 dapat berjalan lancar.

BACA JUGA :  Desa Merta Buana Bakal Jadi Desa Khusus

“Alhamdulillah kita diberi keselamatan dan kesehatan sehingga kegiatan BK3N yang dimeriahkan oleh PT BIB dan mitra kerja dan masyarakat diwilayah ring 1 BIB berjalan dengan lancar,” ujar Riadi Simka Pinem.

Selama kegiatan BK3N lanjutnya, semua berjalan dengan aman, ini yang perlu dipertahankan, untuk itu harapan kita BK3N ini tidak hanya formalitas, namun harus diterapkan dalam bekerja sehingga bisa melakukan aktifitas dengan baik.

Sebagaimana tema BK3N tahun 2024 dilaksanakan secara nasional dan diatur oleh ketentuan pemerintah, adalah budaya kesehatan, budaya keselamatan, akan menunjang keberlanjutan usaha 

Kita rasakan bagaimana keberlanjutan usaha benar-benar terasa dampaknya, perekonomian berjalan dengan baik, akan tetapi jika lalai menerapkan K3, maka sangat luas dampaknya.

“Saya berpesan kepada penanggung jawab operasional seluruh mitra kerja dan jajaranya pengawas oprasional, pengawas tekhnis tenaga tekhnis yang sudah ditunjuk dan di sahkan oleh KTT agar menjalankan tugas nya sesuai ketentuan, pastikan seluruh pekerja selalu terjaga kesehatanya, keselamatanya dan kesejahtraannya, itu yang harus kita lakukan,” tegas Riadi S Pinem.

Intinya kerjasama yang baik akan menghasilkan yang baik pula, karena tanpa kebersamaan dan koordinasi yang baik, tidak mungkin persoalan bisa kita realisasikan.

Heru Yulianto selaku Kepala Seksi Teknik dan Lingkungan Mineral dan Batu bara Dinas ESDM Provinsi Kalimantan Selatan mewakili Tamu VIP menyampaikan, apresiasinya kepada BIB dam mitra kerjanya atas pelaksanaan BK3N 2024 dan komitmen perusahaan dalam progres perkembangan dalam aspek K3.

BACA JUGA :  Momen Hari Pahlawan, Pahlawanku Teladanku

“Terimakasih atas komitmet BIB dalam memenuhi ketentuan perundang-undangan yang dalam progres perkembangannya telah menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan,” Kata Heru.

Acara BK3N yang dilaksanakan sekarang ini, memiliki beberapa tujuan yaitu memotivasi seluruh insan pertambangan untuk mengkampanyekan aspek keselamatan pertambangan sesuai dengan peran dan kapasitasnya, juga berbagai pengetahuan dan pemgalaman terkait dengan inovasi, motivasi dan kebijakan yang dapat meningkatkan pengelolaan keselamatan pertambangan yang semakin baik.

Heru Yulianto berharap, perusahaan turut aktif melaksanakan program BK3N berupa kegiatan yang bersifat strategis, promotif dan inplementatif.

“Kesehatan dan keselamtan itu yang paling utama,” kata Heru, dihadapan tamu undangan.

Heru berpesan, sebelum bekerja tanamkan pada diri kita bahwa, “Saya harus selamat dalam bekerja” agar terhindar insiden dalam melakukan aktifitas

Yang terpenting patuhi dan terapkan semua aturan, bangunkan diri dengan prilaku keselamatan, karena perilaku keselamatan akan menjadi kunci menjadi budaya keselamatan dalam keseharian.

Mudah-mudahan dengan bulan K3 ini akan memacu semangat kemauan untuk menerapkan keselamatan dan kesehatan,” pungkas Heru.

Acara puncak perayaan BK3N 2024 BIB diisi dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba, pembagian doorprize dan ditutup dengan hiburan. (MHL)

Baca Juga