Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Sosialisasi SPAB BPBD Balangan upaya Mitigasi Bencana Sejak Dini

Sosialisasi SPAB BPBD Balangan upaya Mitigasi Bencana Sejak Dini

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, BALANGAN – Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan melaksanakan sosialisasi dan simulasi Program Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di SMPN 1 Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Selasa (20/2/2024).

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Balangan Jumaidil Hairi mengatakan, sosialisasi tersebut upaya mitigasi bencana dan meningkatkan kapasitas masyarakat terutama dari kalangan pelajar dalam menghadapi ancaman bencana yang bisa terjadi kapan saja, terutama kebakaran dilingkungan sekolah.

BACA JUGA :  6 ASN Diambil Sumpah, ini Harapan Wabup Balangan Supiani

“Langkah-langkah yang kami lakukan adalah sosialisasi pencegahan kebakaran dan sosialisasi pencegahan api ringan hingga simulasi pencegahan kebakaran,” kata Jumaidil.

Menurutnya, kegiatan dalam rangka Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di sekolah para pelajar bisa berperan aktif untuk mendukung sekolah tanggap dan tangguh bencana di lingkungannya.

“Dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan pemahaman yang jelas terhadap pelajar terkait bencana, terutama kebakaran,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Pemkab Balangan Tanggapi Pandangan Fraksi DPRD Terhadap 12 Raperda

Ia mengharapkan, adanya program SPAB membuat masyarakat terutama dikalangan dunia pendidikan baik guru atau muridnya mendapatkan informasi kebencanaan sejak dini, sehingga mampu mengantisipasi serta menerapkannya jika sewaktu-waktu terjadi bencana di sekolah dan wilayahnya.

“Kapasitas Kabupaten Balangan dalam meningkatkan pencegahan bencana semakin baik dan para pelajar mampu memberikan edukasi berlanjut kepada keluarga serta masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga