Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Balap Jukung Tradisional, Event Baru Gagas Wisata Sungai di Martapura…

Balap Jukung Tradisional, Event Baru Gagas Wisata Sungai di Martapura Barat

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Event Akbar Lomba Jukung Tradisional memperebutkan piala Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, di Sungai Martapura Desa Sungai Rangas Martapura Barat, Minggu (17/3/2019) sore.
Pada gelaran lomba jukung tradisional itu diikuti sedikitnya 77 tim, tidak hanya di Kabupaten Banjar tetapi juga dari Kabupaten Barito Kuala.

Screenshot 20190318 001754
Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur mengatakan, kali ini peserta memperebutkan piala Wakil Bupati Banjar. Dirinya pernah menggelar Event serupa tetapi atas nama pribadi dan ternyata animo peserta luar biasa, tidak hanya dari Kabupaten Banjar tetapi ada dari Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala.
“Perlahan kami mendorong event lomba jukung tradisional ini bisa menarik wisatawan, menambah variasi event-event untuk menarik wisatawan di Kabupaten Banjar,” katanya.Screenshot 20190318 001735 1
Melalui event lomba jukung tradisional ini pula sekaligus mengader atlet-atlet dayung di Kabupaten Banjar. Terlebih untuk sarana dan prasarana berlatih di Kabupaten Banjar sangat didukung oleh kondisi geografis alamnya.
Camat Martapura Barat, Sumardi mengatakan, lomba jukung tradisional di Desa Sungai Rangas ini mampu menarik wisatawan jika dikemas sedemikian rupa. Pihaknya pun siap mendukung seratus persen untuk mengembangkan lomba jukung tradisional menjadi event bergengsi di Kabupaten Banjar.

BACA JUGA :  Bangun Kesadaran Hukum, Kejari Banjar Gelar Sosialisasi Jaga Desa Di Martapura

“Bahkan sebelum menggelar kegiatan tersebut, warga desa bersama-sama gotong royong membersihkan sungai. Sangat bagus untuk dikembangkan menjadi event pariwisata, karena tentunya ini akan meningkatkan perekonomian warga,” katanya.

BACA JUGA :  Dua Nakes RSD Idaman Banjarbaru Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Dia menambahkan, sebagai pihak kecamatan maka siap bekerja sama dengan instansi terkait seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Perhubungan Kabupaten Banjar serta pihak-pihak lainnya.

Daftar juara lomba Jukung Tradisional Wakil Bupati Banjar, juara I Roditha dari Sungai Rangas, Juara II IKM Agus 4 Arwana Keliling Benteng Ulu, juara III IKM Agus 1 Keliling Benteng Ulu, juara IV Al madad Sungai Bakung, juara V alfarizi Keliling Benteng Ulu, juara VI drajad 3, juara VII IKM Agus 2 Keliling Benteng Ulu, juara VII IKM Agus 3 Keliling Benteng Ulu. Mendapatkan trophy dan uang pembinaan yang langsung diserahkan Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur.

Baca Juga