Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. RSHD Barabai dan Dinkes Teken MoU, ‘Hai Darling’ Siap Jemput…

RSHD Barabai dan Dinkes Teken MoU, ‘Hai Darling’ Siap Jemput Pendonor

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BARABAI– Rumah Sakit Umum Daerah H Damanhuri (RSHD) Barabai bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama dalam Program Donor Darah Sukarela “Hai Darling” (Hari Donor Darah Keliling).

Penandatanganan MoU berlangsung di Aula Bakti Husada Dinas Kesehatan HST, Senin (18/3/2024), dihadiri sejumlah pejabat dan jajaran struktural dari RSUD H Damanhuri Barabai dan Dinas Kesehatan, termasuk SPI RSHD, MPP RSHD, serta Dokter Spesialis Patologi Klinis.

MoU ditandatangani secara langsung oleh Direktur RSUD H Damanhuri Barabai, dr. Nanda Sujud Andi Yudha Utama, Sp.B, dan Kepala Dinas Kesehatan, dr. Desfi Delfiana Fahmi.

BACA JUGA :  Ketua TP PKK HST Hadiri Haul Sayedah Khadijah di Desa Haruyan Seberang

Dalam acara tersebut, dr. Yanti, Kepala Unit Laboratorium RSUD H. Damanhuri Barabai sekaligus Penanggungjawab Program “Hai Darling”, memberikan sambutan pertama.

Dia menjelaskan bahwa Program “Hai Darling” telah dimulai sejak September 2023 bekerjasama dengan Dinas Dukcatpil Kabupaten HST di beberapa desa.

“Sejak awal pelaksanaan, program ini telah berhasil mengumpulkan 200-300 kantong darah per bulan, dan per Januari tahun 2024, jumlah tersebut meningkat menjadi 600 kantong. Kegiatan ini menjadi dasar bagi kerjasama antara RSUD H. Damanhuri Barabai dan Dinas Kesehatan dalam menjaga ketersediaan stok darah di rumah sakit,” jelasnya.

BACA JUGA :  Pemkab HST Raih Penghargaan Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik Kategori 'PRIMA'

Sedangkan Dr. Nanda, Direktur RSHD Barabai, menyatakan bahwa penandatanganan MoU ini menegaskan keseriusan mereka dalam mendukung program Kementerian Kesehatan untuk mengawasi persediaan darah bagi pasien yang memerlukan transfusi darah.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan, dr. Desfi, yang menyatakan harapannya agar kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan menjadi langkah awal untuk meningkatkan cakupan pendonor.

Dia juga menegaskan bahwa Dinas Kesehatan akan berperan aktif dalam mendukung aksi donor darah ini.

Acara ditutup dengan doa bersama dan sesi foto bersama sebagai tanda kesepakatan dari kedua belah pihak.

Reporter : Ahmad Farisal | Editor : Nasrullah

Baca Juga