Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Bentuk Tim Balap Jukung Tradisional, IKM Buktikan Prestasi di Balap…

Bentuk Tim Balap Jukung Tradisional, IKM Buktikan Prestasi di Balap Jukung Piala Wabup H Saidi Mansyur

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM,MARTAPURA – Perlombaan Balap Jukung Tradisional masih digemari oleh Masyarakat Kabupaten Banjar. Hal itu terlihat saat perlombaan Balap Jukung Tradisional digelar oleh Masyarakat Sungai Rangas Tengah, Kecamatan Martapura Barat, Kabupaten Banjar. Antusias warga Sungai Rangas Tengah dan sekitarnya terlihat memenuhi pinggiran sungai Martapura di desa tersebut untuk menyaksikan lomba jukung tradisional yang memperebutkan piala Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur pada Minggu (17/03) sore. Lomba Balap Jukung Tradisional itu diikuti sedikitnya 77 tim, tidak hanya di Kabupaten Banjar tetapi juga dari Kabupaten Barito Kuala.

IMG 20190317 WA0067

Para pemenang didominasi tim jukung Intan Karya Mandiri (IKM) yang menurunkan 11 tim berasal dari Desa Keliling Benteng Ulu, Sungai Rangas, Sungair Rangas Ulu.

BACA JUGA :  Warga Banjarbaru Tak Pakai Masker Siap-Siap Denda Rp 250 Ribu

Diketahui Para atlit jukung IKM sebelum bertanding berlatih selama satu bulan dan menyiapkan jukung tidak kurang dua bulan, tergantung kesiapan bahan.

Pembina atlit jukung IKM di Sungairangas, Masrani mengatakan, pihaknya bersyukur atas prestasi yang diraih oleh tim IKM dan atas dukungan penuh dari IKM dan berkontribusi mengharumkan nama desa Sungai Rangas meski belum berhasil meraih juara 1.

“Ada 11 tim dan mudah-mudahan tahun-tahun mendatang kembali meraih prestasi di lomba jukung tradisional piala Wakil Bupati Banjar,” ucap pria yang juga menjabat Pambakal Sungairangas.

Sementara Camat Martapura Barat Sumardi mengatakan, lomba jukung tradisional di Desa Sungai Rangas ini mampu menarik wisatawan jika dikemas sedemikian rupa. Pihaknya pun siap mendukung seratus persen untuk mengembangkan lomba jukung tradisional menjadi event bergengsi di Kabupaten Banjar.

BACA JUGA :  Saidi Buka Sosialisasi Sistem Keuangan Perbankan

“Bahkan sebelum menggelar kegiatan tersebut, warga desa bersama-sama gotongroyong membersihkan sungai. Sangat bagus untuk dikembangkan menjadi event parisiwata, karena tentunya ini akan meningkatkan perekonomian warga,” katanya.

Dia menambahkan, sebagai pihak kecamatan maka siap bekerjasama dengan instansi terkait seperti dinas kebudayaan dan pariwisata, dinas perhubungan Kabupaten Banjar serta pihak-pihak lainnya.

“tidak hanya saat ada lomba, tapi wisatawan juga hadir setiap hari kesini utnuk menyaksikan atlit jukung berlatih. Jadi sangat rami dan perekonomian masyarakat pun jadi meningkat,”Tutupnya

Penulis : Muhammad Sairi

Editor : MA Syafi’i

Baca Juga