Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Bupati Jamin Ketersediaan Bahan Pokok Aman Jelang Lebaran

Bupati Jamin Ketersediaan Bahan Pokok Aman Jelang Lebaran

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), menjamin ketersediaan kebutuhan bahan pokok untuk 3 bulan ke depan,  mengingat adanya ketersediaan kebutuhan pokok yang memadai  ditingkat distributor, pedagang besar maupun tingkat pengecer.

Demikian disampaikan Bupati Tanbu dr. HM. Zairullah Azhar saat melaporkan perkembangan harga kebutuhan pokok Ramadhan, dihadapan beberapa awak media, Rabu (27/3/2024) diruang rapat Bupati.

“Seiring bulan ramadhan dan menjelang lebaran Idul Fitri ini, kami meminta kepada masyarakat untuk tidak kuatir terhadap ketersediaan kebutuhan pokok, yang jelas 3 bulan kedepannya dalam posisi aman,” kata Bupati didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Tanbu H. Ambo Sakka.

BACA JUGA :  Peringati HKN Ke 57 Dandim 1022 Tanah Bumbu Berikan Ucapan Selamat Kepada Petugas Nakes.

Selain ketersediaan barang, dikesempatan itu Bupati Zairullah turut melaporkan perkembangan harga kebutuhan pokok, dimana saat ini dianggap relatif stabil, namun kenaikan harga hanya terjadi pada beberapa komoditi seperti beras, minyak goreng, telur maupun daging.

“Hanya saja, beras yang mengalami kenaikan merupakan beras asal Sulawesi, sedangkan beras lokal sejenis siam unus berpotensi mengalami penurunan harga setelah idufl Fitri nanti, dengan perkiraan adanya panen raya di sentra produksi daerah Batola dan Kabupaten Banjar,” jelasnya.

BACA JUGA :  Dinas PMD Tanbu Sosialisasikan Perbub Nomor 12 Tahun 2020 Tentang Gotong Royong.

Potensi kenaikan lainnya menjelang lebaran ini juga terjadi pada daging sapi yang diperkirakan melonjak menjadi 170 ribu rupiah perkilogramnya.

Namun seiring meningkatnya permintaan bumbu masak menjelang lebaran, maka harga cabe kering dipastikan meningkat tajam, yang semula harga dari 90 ribu rupiah, kini menembus level 110 ribu.

“Hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah persediaan komoditi cabe, sayuran dan ikan segar, serta komoditi telur dan daging ayam, dimana pasokannya tergantung pada daerah lain,” tutupnya. (MHL)

Baca Juga