Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. DPRD KALSEL
  4. »
  5. Impian Punya Kereta Api, Komisi III DPRD Kalsel Kunker ke…

Impian Punya Kereta Api, Komisi III DPRD Kalsel Kunker ke Bali Pelajari Konsep Perencanaannya

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, DENPASAR – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Bali di Denpasar, pada hari Rabu (08/05) siang.

Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Kalsel yang membidangi pembangunan dan infrastruktur, H Gusti Abidinsyah, yang sekaligus pimpinan rombongan mengatakan bahwa fokus dari kunjungan kerja ini adalah untuk mempelajari bagaimana Provinsi Bali mengelola angkutan perkotaan.

“Bali mempunyai skup yang memang tingkat kepadatannya lumayan tinggi, di mana angkutan sewa khususnya yang lebih besar 74,7% dan ini adalah upaya Bali luar biasa untuk bagaimana menghadapi angkutan ini,” ujar politisi Demokrat asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Banjar ini.

BACA JUGA :  Tingkatkan Potensi Alam di Banua, Komisi II DPRD Kalsel Gali Ilmu ke Biro APSDA Setda DIY

Oleh karena itu, kata Abidinsyah, belajar dari Provinsi bali ini sudah harus menjadi perencanaan matang bagaimana menanggulangi masalah kemacetan angkutan sewa khusus. Bahkan ke depan, Kalsel menjadi gerbang IKN, sehingga penerapan integritas di Bali ini harus dipelajari untuk dikaji lagi.

“Karenanya ada beberapa hal yang mendorong kita, yaitu masalah perencanaan kereta api. Jadi di Bali juga akan membuat jalur kereta api yang sinergi ke seluruh kabupaten/kota dan kita pun Alhamdulillah nanti akan membuat rancangan kereta api, mudah-mudahan pendanaan dari pusat bisa cepat keluar,” katanya.

Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Nyoman Suryanata, selaku penerima rombongan kunjungan kerja Komisi III DPRD Provinsi Kalsel mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kedatangan para perwakilan rakyat Kalsel ini.

BACA JUGA :  Komisi III DPRD Kalsel Kaji Sistem Pengendalian Banjir Jatim

“Sekali lagi tentunya berterima kasih Bali dijadikan tempat studi mudah-mudahan apa yang kami sudah lakukan di Bali bisa mensupport ke depannya bagaimana Kalsel bisa jauh lebih bagus mungkin dari segi penataan transportasinya,” ucapnya.

Selain itu juga, ia berharap kendala-kendala yang ada di Bali ini bisa menjadi pembelajaran, sehingga permasalahan ini tak sampai menjadi masalah di Kalsel. “Tentu solusi yang juga dihadirkan seperti mendorong penggunaan kendaraan listrik bisa diterapkan di Kalsel,” pungkasnya.

Editor : Riswan/Nashrullah

Baca Juga