Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kapuas
  4. »
  5. Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Hadiri Upacara Ritual Adat Di…

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi Hadiri Upacara Ritual Adat Di Desa Penda Ketapi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, KUALA KAPUAS – Warga Desa Penda Ketapi, Kecamatan Kapuas Barat menggelar kegiatan Mamapas Lewu atau Bersih Kampung dan ngarunya, kegiatan tersebut di buka secara langsung oleh Penjabat Bupati Kapuas, Erlin Hardi, Senin (13/5/2024) ditandai dengan pemukulan gong.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Kapuas menyampaikan bahwa Mamapas Lewu dan ngarunya adalah sebuah kegiatan yang harus diketahui oleh generasi berikutnya, ia meminta kepada seluruh pemangku adat untuk mendidik anak-anak supaya tahu tentang Mamapas Lewu.

“Hari ini merupakan sesuatu yang sangat bahagia untuk saya karena saya bertemu kembali dengan masyarakat Desa Penda Ketapi, Kecamatan Kapuas Barat,” ucap Erlin Hardi. Disampaikan secara langsung rasa bangga oleh orang nomor satu di Kabupaten Kapuas itu kepada masyarakat Desa Penda Ketapi yang inisiatif melaksanakan kegiatan Mamapas Lewu dan Ngarunya tersebut.

BACA JUGA :  Pj Bupati Kapuas Harapkan APDESI Sinergi dengan Pemerintah Daerah dalam Pelaksanan Program Pembangunan

Masih dalam kesempatan yang sama orang nomor satu di Kota Air itu juga menyampaikan tekatnya yang akan tetap fokus ke infastruktur, dan meminta kepada semua pihak agar selalu menjaga kebersamaan, tali silaturahim, serta ikatan kekeluargaan tanpa membedakan suku, agama, ras dan golongan karena semuanya adalah bersaudara, serta yang paling penting adalah terus bergandengan tangan untuk bersama-sama mencapai satu tujuan agar bagaimana masyarakat jadi lebih baik dan sejahtera.

BACA JUGA :  Sekda Kapuas Pimpin Rapat Evaluasi KLA Kabupaten Kapuas

Acara Adat Ritual ini bertujuan sesuai dengan niat masing-masing saat dilakukan doa lintas agama. Ia juga menerangkan bahwa pelaksanaan Mamapas Lewu itu sesuai kepercayaan leluhur, yang akan dilaksanakan oleh petugas-petugas. Yang pada kesempatan tersebut mengundang lima basir sebagai pelaksana ritual secara adat, secara umum semuanya terlibat.

Setelah acara pembukaan selesai kegiatan diawali dengan mangarunya yang disaksikan langsung oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi. Kegiatan ini dihadiri sejumlah Kepala SOPD.

Baca Juga