Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Pusat Gelontorkan Anggaran Untuk Penanganan Ruas Jalan Dalam Pagar –…

Pusat Gelontorkan Anggaran Untuk Penanganan Ruas Jalan Dalam Pagar – Kalampayan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
KETERANGAN: Penanganan ruas jalan Dalam Pagar-Kalampayan yang sedang berlangsung dan dikerjakan CV Bintang Borneo Braders sesuai SPMK yang ditunjuk Dinas PUPRP Kabupaten Banjar.

Headline9.com, MARTAPURA – Pemerintah pusat menggelontorkan alokasi anggaran lewat DAK sebesar Rp9,9 miliar lebih untuk rekonstruksi ruas Jalan Dalam Pagar – Kalampayan, Kabupaten Banjar.

Progresnya terhitung pada 26 Mei 2024 sudah mencapai 8,34 persen dari perencanaan 4,19 persen dengan deviasinya positif sebesar 4,15 persen.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar, Anna Rosida Santi, melalui Jimmy, selaku Kabid Bina Marga, mengatakan, Kegiatan ini tak hanya rekonstruksi. Tetapi juga meliputi pemeliharaan rutin, berkala, sampai peningkatan. Kegiatan penanganan ini dimulai dari Desa Dalam Pagar, Kecamatan Martapura Timur sampai Kalampayan Ilir, Kecamatan Astambul.

“Penanganannya 150 hari atau sekitar 5 bulanan. Dengan melakukan pengerjaan Lapisan Pondasi Agregat B (LPB) 15 cm, Lapisan Pondasi Agregat A (LPA) 10 cm, aspal HRS-Base 5 cm sampai aspal HRS WC kurang lebih sekitar 4 cm,” paparnya, kepada dua awak media, Jumat (31/5/2024) sore.

BACA JUGA :  Disertasi Soal Covid-19, Noripansyah Raih Gelar Doktor

Selain melakukan patching dan overlay jalan, ungkap Jimmy, untuk bahu beton kiri-kanan ruas jalan kabupaten juga dilaksanakan peningkatan atau penambahan kurang lebih sekitar 20 cm. Di mana, ruas ini melintasi empat desa sampai pertigaan menuju makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau dikenal dengan Datu Kelampayan.

“Harapan kita ruas jalan ini dapat dinikmati masyarakat dengan nyaman. Intinya, ruas Dalam Pagar-Kalampayan kita tangani sampai tuntas,” ungkap dia.

Untuk total panjang efektif yang ditangani, sambungnya, kurang lebih 4,9 kilometer. “Jika terhitung hari ini capaian diperkirakan sudah sekitar 9 – 10 persen. Anggaran ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) melalui APBN 2024 regular non tematik sebesar Rp9 miliar lebih,” paparnya.

BACA JUGA :  Warga Rela Mengantri Untuk Dapatkan Air Bersih.

Sedangkan untuk kontraktor pelaksana penanganan rekonstruksi ruas jalan tersebut dikerjakan CV Bintang Borneo Braders. “Untuk surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) awal Mei 2024 dengan nilai kontrak sebesar Rp9,8 miliar,” beber Jimmy.

Diketahui, selain melakukan kegiatan rekonstruksi ruas jalan Kabupaten Dalam Pagar – Kalampayan. Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar juga melaksanakan pemeliharaan rutin, berkala, peningkatan/rekonstruksi untuk Handil Jawa – Jambu Burung, Kecamatan Beruntung Baru bersumber DAK tematik 2024.

Nilai kontrak kegiatan rekonstruksi tersebut mencapai Rp10,9 miliar dari total pagu sebesar Rp11,2 miliar. Jimmy, menyampaikan, total pagu DAK 2024 (regular non tematik dan tematik) untuk dua paket yang diterima Dinas PUPRP Kabupaten Banjar senilai Rp20 miliar lebih.

Reporter : Riswan Surya
Editor      : Nashrullah

Baca Juga