Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Bupati Balangan Serahkan Santunan JKM BPJS Kepada Ahli Waris

Bupati Balangan Serahkan Santunan JKM BPJS Kepada Ahli Waris

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BALANGAN – Pemerintah Kabupaten Balangan bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan KC Tabalong-Balangan, serahkan santunan jaminan kematian (JKM) kepada ahli waris pekerja rentan yang telah meninggal dunia.

Sebanyak 44 ahli waris menerima masing-masing santunan JKM sebesar Rp42 juta yang diserahkan secara langsung oleh Bupati Balangan, Abdul Hadi, di Aula Benteng Tundakan, Paringin Selatan, Senin (3/6/2024).

Selain 44 ahli waris, tiga warga lainnya juga menerima santunan JKM oleh Bupati Balangan yakni warga Desa Balang, Desa Sirap dan Desa Pudak.

Abdul Hadi menyebut untuk saat ini sudah 39 ribu warga Balangan terdaftar dalam BPJS Ketenagakerjaan dengan target 70 ribu di tahun 2024.

BACA JUGA :  Bangun Rumah Tahfidz Al-Huda Guna Perkuat Syiar Islam

“Semua warga Balangan yang berusia 15 sampai dengan 65 tahun itu masuk dalam asuransi BPJS Ketenagakerjaan,” ujarnya.

Secara tegas Abdul Hadi mengatakan program ini adalah bentuk komitmen pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan dan jaminan sosial bagi pekerja rentan, dengan harapan hal itu bisa membantu keringanan kepada keluarga yang ditinggalkan.

“Meskipun dalam satu rumah terdapat dua KK, maka hal itu juga termasuk dalam asuransi BPJS Ketenagakerjaan selama usianya masuk dalam usia pekerja dan memiliki pekerjaan minimal petani,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan KC Tabalong-Balangan, Eko Eklam menjelaskan untuk syarat klaim JKM BPJS peserta harus memiliki akta kematian, surat keterangan ahli waris, KTP, kartu keluarga dan buku nikah ahli waris.

BACA JUGA :  Tak Hanya Banjir, Tanah Longsor, Jembatan Putus Juga Menimpa Desa Kambiyain

“Jika persyaratan sudah lengkap silakan datang langsung ke Kantor PTSP kami setiap Rabu sampai Jumat atau melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Balangan,” terangnya.

Adapun salah satu ahli waris, Nanda mengungkapkan sangat bersyukur dan merasa terbantu dengan adanya santunan JKM yang diserahkan tersebut.

“Semoga program ini terus berlanjut sampai ke depan dan ini bisa terus bermanfaat bagi keluarga yang ditinggalkan,” harapnya.

Baca Juga