Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. DP3A P2KB PMD Balangan Tingkatkan Pengelolaan Rumah DataKu Sebagai Pusat…

DP3A P2KB PMD Balangan Tingkatkan Pengelolaan Rumah DataKu Sebagai Pusat Data

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BALANGAN – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3A P2KB PMD) Kabupaten Balangan, melaksanakan orientasi Rumah Data Kependudukan (Rumah DataKu) tingkat kabupaten, di Aula Temenggung Jalil Inspektorat Balangan, Paringin Selatan, Rabu (5/6/2024).

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Balangan, Munisih mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para kader dan stakeholder terkait dalam pengelolaan Rumah DataKu.

BACA JUGA :  DPRD dan KPU Balangan Laksanakan RDPU Kesiapan Pemilu 2024

“Dalam orientasi pengelolaan Rumah DataKu diharapkan pengurus Rumah DataKu bisa benar-benar memanfaatkan kegiatan ini melalui praktik pengolahan data pada aplikasi,” harapnya.

Adapun narasumber dari BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan, Sopyan menyampaikan Rumah DataKu merupakan salah satu amanat pelaksanaan UU Nomor 52 Tahun 2009 serta Inpres Nomor 3 Tahun 2022 tentang optimalisasi kampung KB.

Dia menyebut, Rumah DataKu sebagai pusat data dan informasi kependudukan di tingkat mikro, memiliki peran krusial dalam menyediakan data yang akurat dan terpercaya untuk mendukung berbagai kegiatan pembangunan di tingkat desa.

BACA JUGA :  Cegah Penyakit Layu Fusarium, BPP Paringin Lakukan Pengendalian OPT

“Di mana nanti untuk mewujudkan kampung KB diperlukan bagaimana pengelolaan atau ketersediaan data yang akurat dan update yang ada di tingkat desa/kelurahan,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Sopyan secara kuantitas Kabupaten Balangan termasuk dalam tiga besar terbaik pengelolaan Rumah Dataku tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, yang diharapkan kinerja itu dapat selalu ditingkatkan.

Baca Juga