Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kalsel
  4. »
  5. Gubernur Kalsel dan Ketua TP PKK Beri Stimulan Untuk BUMDes…

Gubernur Kalsel dan Ketua TP PKK Beri Stimulan Untuk BUMDes Lewat Dana Hibah

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, didampingi Ketua TP PKK Provinsi Kalsel, Raudatul Jannah, memberikan motivasi terhadap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan memberikan dana hibah.

Kegiatan ini dalam rangkaian Turun ke Desa (Turdes) ke-10 mengusung tema “Bergerak dengan Kekuatan Rakyat Menuju Indonesia Emas, Germas Cinta Banua”.

Bantuan dana hibah yang diberikan Pemerintah Provinsi Kalsel kepada BUMDesa Bina Karya Desa UPT Karya Bakti, Kecamatan Kusan Tengah, Kabupaten Tanah Bumbu, sebesar Rp90.000.000,00.

Sebelumnya, dana hibah serupa juga sempat diserahkan Gubernur Kalsel, Paman Birin (sapaan akrab) kepada BUMDesa Karya Sejahtera, Desa Raden, Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut, mencapai sebesar Rp45.000.000,00. Turut mendapatkan BUMDesa Bina Usaha Bersama, Desa Salino, Kecamatan Pulau Laut Tengah, Kabupaten Kotabaru dengan total sekitar Rp70.932.000,00.

BACA JUGA :  RDP, AGM dan TCT Tak Ada Kesepakatan

Sahbirin mengatakan, pihaknya bersama Ketua TP PKK Provinsi Kalsel memang terus berkomitmen dalam mengembangkan BUMDes di Banua agar visi misi Kalsel Maju dalam memajukan desa dapat terwujud.

“Dana hibah BUMDes tahun ini difokuskan dalam meningkatkan ketahanan pangan di desa, sehingga dapat meningkatkan perekonomian desanya,” ungkap dia, pada Rabu (3/7/2024) siang.

Orang nomor satu di Kalsel ini pun berkeinginan besar agar kedepannya akan lebih mendorong lagi BUMDes untuk bisa lebih berkreasi, berkembang dengan menambah usahanya.

BACA JUGA :  Forkopimda Kalsel Berkomitmen Mendukung KPU dan Bawaslu Sukseskan PSU

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalsel, Faried Fakhmansyah mengatakan, BUMDes berperan sebagai lokomotif terhadap penggerak perekonomian desa.

Termasuk, kata dia, optimalisasi yang sehat dan kuat secara ekonomi dan kelembagaan menjadi kekuatan strategis untuk dapat melakukan percepatan pembangunan kawasan pedesaan.

“Mudah-mudahan BUMDes tidak hanya menguntungkan untuk pemerintah desa tetapi bisa berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat,” tukas Faried Fakmansyah.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nashrullah

Baca Juga