Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Sosial
  4. »
  5. Tim Baccpatch UMB Kembangkan Transdermal Patch Daun Rambai untuk Penyembuhan…

Tim Baccpatch UMB Kembangkan Transdermal Patch Daun Rambai untuk Penyembuhan Luka Alami

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARMASIN – Tim Baccpatch dari Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta (PKM-RE) Universitas Muhammadiyah Banjarmasin (UMB), yang diketuai oleh Wiwin Nadia dan beranggotakan Tiara Nurfazrina, M. Chaidir Hafidz, Salsabila Nurlaila Safitri, serta Eka Purnama Sari, telah berhasil mengembangkan riset berjudul “Pengembangan Sediaan Transdermal Patch Ekstrak Daun Rambai (Baccaurea dulcis Mull.Arg) Tanaman Khas Kalimantan sebagai Alternatif Wound Healing Alami.” Riset ini didanai oleh Kemendikbud RI.

Luka bisa terjadi kapan saja, terutama luka sayat yang disebabkan oleh benda tajam seperti pisau atau pecahan kaca. Jika tidak ditangani dengan baik, luka sayat dapat menyebabkan infeksi kulit.

BACA JUGA :  FPTI Banjar Pererat Tali Silaturahmi dan Dengar Aspirasi Melalui Buka Bersama

Di Indonesia, masyarakat sering menggunakan tanaman sebagai bahan obat, salah satunya adalah daun rambai (Baccaurea dulcis Mull.Arg) yang dikenal memiliki potensi dalam penyembuhan luka.

Perawatan luka sayat tidak hanya sekadar membersihkan dan menutup luka, tetapi juga melibatkan penanganan hati-hati, pencegahan infeksi, dan pemantauan proses penyembuhan.

BACA JUGA :  Kopdar Ramadhan GABUS BATANAK: Silaturahmi dan Santunan untuk Anak Yatim

Melihat potensi daun rambai, tim Bacpatch tertarik mengembangkan sediaan transdermal patch berbahan ekstrak daun rambai. Patch ini diharapkan dapat menghantarkan obat melewati kulit untuk memberikan efek sistemik dan nyaman digunakan.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini bertujuan untuk terus berinovasi, mewadahi ide-ide kreatif, serta meningkatkan kualitas akademik melalui penelitian ilmiah.

“Jangan biarkan luka menghambat aktivitasmu, biar kami yang akan mengobati lukamu,” ujar tim Baccpatch.

Baca Juga