Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Kodim Martapura Terjunkan Prajuritnya Sukseskan Program Serasi

Kodim Martapura Terjunkan Prajuritnya Sukseskan Program Serasi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

 

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Komandan Kodim 1006/Martapura Letkol Arm Siswo Budiarto menyatakan kesiapannya mendukung progam Serasi atau selamatkan rawa sejahterakan petani. Hal tersebut diutarakannya di sela rapat koordinasi pendampingan  TNI AD tentang Program Serasi di Kabupaten Banjar bertempat di Makodim Martapura, kemarin.

Rapat koordinasi dihadiri Kepala Dinas TPH Provinsi Kalsel Syamsir Rahman, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Banjar Muhammad Fachry. Konsultan SID kegiatan serasi Kabupaten Banjar tahun 2019, para kepala Balai Penyuluh Pertanian. Para mantri tani serta penyuluh  dari 12 Kecamatan yang menjadi lokasi kegiatan Serasi di Kabupaten Banjar.

Siswo Budiarto menegaskan, TNI AD mendukung sepenuhnya kegiatan Serasi. “Kami siap menghadirkan danramil, babinsa di lokasi yang terlibat kegiatan serasi untuk menjadi pendamping petani di lapangan,” ujarnya.

Selain itu, keterlibatan unsur aparat kewilayahan untuk menyukseskan kegiatan Serasi di kabupaten Banjar seluas 38.363 hektar. Siswo Budiarto juga menegaskan, tugasnya lah memastikan semua pekerjaan di kegiatan serasi sesuai dengan spesifikasi.

BACA JUGA :  Si Jago Merah Lalap Pondok Pesantren Al Falah, Kerugian Miliaran Rupiah

“Jadi jelas peran dan fungsi TNI dalam pendampingan pelaksanaan kegiatan Serasi antara lain mengkoordinasikan peran serta Babinsa dalam kegiatan yang dilaksanakan petani,” imbuhnya.

TNI akan membantu pelaksanaan sosialisasi kegiatan Serasi dan mendampingi dalam proses survei lapangan dan mendampingi proses pengerjaan fisik di lapangan. TNI juga akan membantu menyampaikan laporan perkembangan kegiatan. Kemudian, memastikan semua spesifikasi pekerjaan telah terlaksana.

Kepala Dinas TPH Provinsi Kalsel Syamsir Rahman mengatakan, serasi merupakan kerja bersama antara Ditjen PSP dan Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian. Dari 34 provinsi di Indonesia Kalsel termasuk di antara tiga provinsi yang mendapatkan kegiatan serasi selain Sumsel dan Sulsel.

Syamsir mengatakan, di Kalsel potensi lahan rawa ada sekitar 257.300 hektare. Jumlah tersebut sudah ada calon petani dan calon lahan kurang lebih 153.000 hektare dari target 150.000 hektare.

Dinas TPH Provinsi Kalsel dan kabupaten  terus menggenjot pekerjaan, fisik sehingga petani bisa melakukan pertanaman. Lokasi Serasi di Kalimantan Selatan berada di sembilan Kabupaten yaitu Banjar, Batola, Hulu Sungai Selatan, Tanah Laut. Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, Tapin, Balangan dan Tabalong.

BACA JUGA :  ACT Kalsel Buka Lumbung Peduli Bantu Gempa Palu – Donggala

Sudah dilakukan SID, survei seluas 65.000 hektare dan yang sudah didesain seluas 37.129 hektare. Selanjutnya, proses pekerjaan fisik konstruksi seluas 11.625 hektare. Syamsir juga mengintruksikan untuk memasukan exsavator sebanyak  lima unit untuk kegiatan serasi di Kecamatan Cintapuri Darussalam dan lima unit di Kecamatan Martapura Barat.

Kepala Dinas TPH Kabupaten Banjar Muhammad Fachry mengatakan, Serasi merupakan bagian dari Upsus Pajale. Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas hasil dengan cara intensifikasi meningkatkan indeks pertanaman yang semula IP 100 menjadi IP 200. Dan. eksentifikasi pembukaan lahan sawah baru seperti lahan rawa baik rawa lebak maupun rawa pasang surut.

Fachry mengatakan bahwa kegiatan serasi di Kabupaten Banjar untuk tahap pertama diprioritaskan di dua kecamatan yaitu Martapura Barat dan Cintapuri Darussalam. Pekerjaan fisiknya dikerjakan secara paralel dengan penyelesaian SID dan pemberkasan kelompok. (mam)

Baca Juga