Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Buka 200 Hektare Lahan Serasi Kecamatan Cintapuri Darussalam

Buka 200 Hektare Lahan Serasi Kecamatan Cintapuri Darussalam

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

 

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Tim Serasi (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) dari Markas Besar TNI langsung mendatangi lokasi program menghidupkan lahan rawa menjadi areal pertanian di Kecamatan Cintapuri Darussalam, kemarin. Rombongan dipimpin oleh Staf Teritorial TNI AD Kolonel Arh Jolly Suawa jullius dan Kolonel Kav Setiawan Arismunandar.

Tim program Serasi langsung melakukan dialog dengan warga setempat tentang lahan pertanian yang digunakan untuk masyarakat. Lokasinya, Desa Sindang jaya seluas 200 hektare yang dibagi menjadi dua kluster yakni A dan B. kendala saat ini, di Kawasan tersebut sangat panas dan kering.

BACA JUGA :  Apel Hari Kesadaran Nasional Bukan Formalitas Biasa

Menurut Sri Apolina, Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pemasaran Dinas TPH Banjar, pengerjaan lahan telah 85 persen. lokasi Kluster A belum bisa dijamin petani mau menanam. Pasalnya, jika dipaksakan kerugian akan berdampak biaya dan Bibit.

Beda dengan lokasi serasi Desa Simpang Lima lebih representatif untuk ditanam. Disarankannya, petani menunggu masuk musim tanam bulan Oktober, atau menanam bibit palawija. Dua bulan lalu, tim Mabes juga meninjau lokasi dan kemarin datang lagi menyaksikan perkembangan proses pekerjaan.

BACA JUGA :  Wabup Banjar Hadiri FGD P3DN

“Tim datang hanya memastikan kembali optimalisasi Serasi lahan rawa milik warga Simpang Lima dan Sindang Jaya Kecamatan Cintapuri Darussalam Martapura, “ jelasnya.

Jolly Suawa jullius menilai, progres pekerjaan sesuai rencana. Banyak kendala, tapi sangat teknis dan faktor alam. Sama-sama memberikan masukan dan solusi ketika berada di lokasi serta memastikan potensi yang bisa dikembangkan langsung oleh masyarakat.

Baca Juga